Nikmatnya Secangkir Kopi di Rumah Loji
JATIMPLUS.ID | 10/02/2019 06:00
Nikmatnya Secangkir Kopi di Rumah Loji

BLITAR – Bingung akhir pekan mau kemana? Yuk ikuti perjalanan kami mengunjungi kebun kopi peninggalan Belanda. Tempat wisata yang satu ini dijamin bikin kamu klepek-klepek deh.

Berada di Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, perkebunan kopi yang menjadi tempat wisata keluarga ini sangat eksotik. Bagaimana tidak, selain kondisi alamnya yang asri dan sejuk, bangunan serta benda bersejarah peninggalan penjajah masih terawat dengan baik.

Salah satunya adalah rumah Loji. Rumah yang dihuni mandor perkebunan di era kolonial ini masih di berdiri megah dengan semua perabotannya. Mulai halaman, teras, ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, hingga dapur tak berubah bentuk sama sekali. “Rumah ini dipertahankan seperti bentuk aslinya,” kata Nurindah, pemandu wisata yang bertugas di rumah Loji.

Dari seluruh ruangan yang ada, ada satu kamar yang sangat spesial dan dirawat khusus. Kamar tidur yang berada tepat di samping ruang tamu ini berisi penuh benda-benda peninggalan Bung Karno. Mulai dari tempat tidur, lukisan, keris, pakaian, alat tulis, hingga buku-buku yang ditulis sendiri oleh Bung Karno. Benda-benda itu diperoleh dari lelang di Hotel Indonesia yang pernah menjadi tempat tinggal Proklamator.

Kamar tersebut bersebelahan dengan kamar Mohamad Rosadi, sinder (pengawas) kebun yang bekerja di perkebunan itu. Ketika penjajah Belanda angkat kaki dari Indonesia, dialah yang mengambil alih kepemimpinan perkebunan kopi seluas 250 hektar ini. Kini pengelolaannya diteruskan oleh anaknya Herry Noegroho, mantan Bupati Blitar, sebagai pemegang hak guna usaha (HGU).

Baca selengkapnya di JATIMPLUS.ID


BERITA TERKAIT