Sambut Bulan Ramadan, Warga Jalatunda Gelar Tradisi Tenongan
SATELITPOST.COM | 09/04/2019 09:10
Sambut Bulan Ramadan, Warga Jalatunda Gelar Tradisi Tenongan
APARAT,warga, perangkat, dan berbagai elemen masyarakat tumpah ruah di agenda tenonang yang digelar oleh warga kawasan Jalatunda.

BANJARNEGARA,SATELITPOST-Tenongan atau makan bersama di jalan merupakan satu budaya leluhur yang ada di Desa Jalatunda, Kecamatan Mandiraja. Kegiatan tersebut selalu dilakukan masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur dan memohon kedamaian pada sang kuasa jelang berakhirnya bulan Rajab.

Kepada Desa Jalatunda, Satam mengatakan, tenongan sudah menjadi tradisi warga desanya sejak turun-temurun. Tenongan juga menjadi ajang pertemuan warga dalam kebersamaan. Di mana masyarakat membawa tenong (makanan dalam tenong).

BACA JUGA: Kementerian Perhatikan Populasi Ikan Serayu

Menurutnya, kegiatan ini diawali dengan kerja bakti bersama oleh kaum laki-laki. Sementara kaum wanita membawa sejumlah makanan yang dimasukkan dalam tenong. Setelah selesai kerja bakti, dilakukan doa bersama dan dilanjutkan makan bersama di jalan desa.

“Tidak ada ritual khusus, tetapi hanya doa bersama di makan sesepuh desa, kemudian makan bersama,” katanya.

Dalam kegiatan ini, tidak ada perbedaan antara pejabat atau siapa pun. Semua makan makanan yang sama dengan beralaskan jalan. Makanan di jajar di jalanan dan masyarakat bebas memilih makanan yang ada di lokasi tersebut.

BACA JUGA: Warga Bersama Bersihkan Longsoran

Dikatakannya, tradisi tenongan ini merupakan pertanda bahwa sebentar lagi akan memasuki  bulan Ramadan, di mana setiap warga akan melakukan ibadah puasa, sehingga semua memohon kedamaian pada sang kuasa agar diberikan kekuatan dan kedamaian sebelum masuk Ramadan.

“Ini sudah menjadi tradisi, nanti saat memasuki bulan tuah (syaban) warga juga ada tradisi nyadran. Tradisi ini sudah kita lakukan sejak bertahun-tahun. Biasanya warga perantauan juga pulang kampung untuk merayakan tradisi ini bersama dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para sesepuh desa,” katanya. (oel)

SATELITPOST.COM


BERITA TERKAIT