Capaian di Bawah 60 Persen, Gubernur Kepri Minta 5 Bupati Fokus Vaksinasi Lansia
HARIANKEPRI.COM | 27/10/2021 16:58
Capaian di Bawah 60 Persen, Gubernur Kepri Minta 5 Bupati Fokus Vaksinasi Lansia

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menginstruksikan kepala daerah di lima kabupaten di Provinsi Kepri, untuk mempercepat capaian vaksinasi bagi lansia.

“Sebab capaian vaksinasi lansianya masih di bawah 60 persen,” terang Ansar.

Adapun kelima kabupaten di Provinsi Kepri itu yakni, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Kepulauan Anambas,

Ansar mengatakan, saat ini penilaian levelisasi Covid-19 di daerah turut memasukkan komponen capaian vaksinasi lansia.

“Kabupaten lain supaya dapat turun level seperti Batam dan Tanjungpinang maka kita harus memfokuskan ke vaksinasi lansia,” katanya, Rabu (27/10/2021).

Orang nomor satu di Provinsi Kepri itu meminta, sebelum 6 November 2021, kelima kabupaten itu sudah harus mencapai syarat minimal vaksinasi lansia yakni diangka 60 persen.

Sebab, pada 7 November 2021 sudah akan dilakukan asesmen levelisasi daerah oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Bila hal itu tidak tercapai, dikhawatirkan levelisasi PPKM di lima daerah tersebut akan kembali naik.

“Kepala daerah dapat menyikapi secara serius vaksinasi lansia ini karena penurunan level PPKM memberikan dampak yang baik terhadap daerah kabupaten dan kota maupun Provinsi Kepulauan Riau,” tegasnya.

Untuk merealisasikan hal itu, Gubernur Ansar pun, menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah agar melakukan koordinasi dengan stakeholder dan forkompinda di daerah untuk melakukan upaya-upaya konkrit vaksinasi lansia.

Ia, juga menyarankan, agar dapat dilakukan vaksinasi jemput bola secara door to door ke rumah-rumah lansia. Termasuk melibatkan babinsa dan babinkamtibmas, untuk menjemput para lansia dari rumah menuju tempat vaksinasi. Selain itu fungsi posyandu lansia dapat dimaksimalkan untuk vaksinasi.

“Lansia memang membutuhkan pendekatan khusus. Pemda perlu melakukan inovasi-inovasi sesuai dengan karakter daerah masing-masing,”ujarnya.

Data dari Kemenkes, per 25 Oktober 2021, dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang menjadi daerah di Provinsi Kepri yang capaian vaksinasi lansianya tertinggi yakni diangka 75,19 persen.

Kemudian diikuti, Kota Batam 61,12 persen, Kabupaten Natuna 50,10 persen, dan Kabupaten Kepulauan Anambas 41,48 persen. Kabupaten Bintan 38,74 persen, Kabupaten Lingga 37,39 persen, dan Kabupaten Karimun 37,15 persen.

Sedangkan untuk levelisasi situasi Covid-19 per 25 Oktober 2021, Kota Tanjungpinang dan Kota Batam berstatus level 1. Sementara itu, dua kabupaten, yakni Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna berstatus level 2. Tiga kabupaten lainnya yakni, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Lingga berstatus level 3.

hariankepri.com


BERITA TERKAIT