Tutorial Hijab Ala Ivan Gunawan: Jurus 2 Jarum Pentul
TABLOIDBINTANG.COM | 28/05/2018 15:30
Tutorial Hijab Ala Ivan Gunawan: Jurus 2 Jarum Pentul
Hijab Tutorial Ala Ivan Gunawan dengan Hanya Dua Jarum Pentul (Dika / Tabloidbintang.com)

Kini sudah bukan zamannya mengenakan kerudung dengan model berlapis-lapis. Kerudung dengan model yang simpel dan sederhana justru tengah menjadi tren dan diminati masyarakat.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, desainer Ivan Gunawan yang ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan membagikan hijab tutorial sederhana dengan hijab segiempat ukuran 115x115cm.

Kali ini, Igun, begitu sapannya berbagi dua model tutorial sederhana yang hanya menggenakan maksimal dua jarum pentul saja. Sebelum memulai, Ivan Gunawan meminta pengguna hijab untuk menyiapkan hal terpenting terlebih dahulu yakni inner atau dalaman kerudung dan jarum pentul.

(Dika / Tabloidbintang.com)

"Saya sarankan pentul tanpa warna, apalagi untuk kerudung motif dan diusahakan pakai inner untuk menahan serat kain yang terkadang licin," ujar Ivan Gunawan.

Tutorial pertama, Ivan Gunawan memberi contoh untuk baju yang tidak memiliki detail di bagian dada. Ivan menyarankan untuk baju yang tidak memiliki detail sebaiknya mengenakan hijab menutupi dada. Karena bagian dada yang tidak memiliki detail, akan membuat dada terlihat menonjol. Sehingga penggunaan jilbab hingga menutupi dada dinilai lebih baik.

Cara Pertama:

1. Lipat kerudung jadi dua bagian menjadi bentuk segitiga,
2. Buat salah satu sisi sedikit lebih pendek dari sisi lainnya,
3. Setelah itu, tarik sisi yang pendek melewati leher dan sematkan di sisi kiri tepatnya di dekat telinga dengan menggunakan jarum pentul,
4. Untuk sisi yang panjang, tarik ke depan dada untuk menutupi leher, dan simpan ujung sisanya ke bagian bahu dan sematkan satu jarum pentul sisanya untuk membuat kerudung tidak bergeser.

Tutorial kedua, Ivan Gunawan memberi contoh untuk baju yang memiliki detail. Gaya hijab dengan kerudung yang menjuntai ke dada, dinilai kurang indah jika dikombinasikan dengan baju yang sudah memiliki ornamen. Karena hijab akan membuat detail di bagian dada tersebut tidak akan terlihat. Sehingga, Ivan Gunawan menyarankan untuk menggunakan kerudung dengan gaya sederhana.

(Dika / Tabloidbintang.com)

Cara kedua:

1. Lipat kerudung jadi dua bentuk segi tiga,
2. Letakkan di kepala dengan sisi sama panjang,
3. Setelah itu, ambil sedikit kain bagian dalam masing-masing sisi dan sematkan pentul di kedua kain di bagian dagu,
3. Kemudian, tarik ke dua ujung kerudung ke arah berlawanan dan ikat ke belakang,
4. Lalu, rapikan bagian depan.

(dika / wida)


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT