Mengenal Bakteri Laktobasilus dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
TABLOIDBINTANG.COM | 22/05/2019 02:00
Mengenal Bakteri Laktobasilus dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Ilustrasi Yoghurt (Deposit Photos)

Yoghurt adalah susu yang dihasilkan melalui proses fermentasi bakteri tertentu, rasanya agak asam. Bentuk yoghurt menyerupai krim. Belakangan, yoghurt menjadi bagian gaya hidup masyarakat modern. Konsultan makanan sekaligus pakar nutrisi, Martin Natadipraja, menjelaskan bahwa dalam yoghurt terdapat bakteri Laktobasilus. Bakteri ini berperan penting dalam menjaga nutrisi tubuh sehingga kebal terhadap berbagai penyakit.

Ahli gizi Emilia E. Achmadi, MS, RD, membenarkan. Emilia menyatakan, yoghurt sangat baik untuk pencernaan. Selain itu berkhasiat untuk menunjang kecantikan karena melembutkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan menyehatkan rambut. Yoghurt juga mencegah munculnya diabetes tipe 2. Fakta lain yang patut diindahkan, kandungan probiotik pada yoghurt melindungi Anda dari bahaya logam berat yang terdapat dalam polusi udara.

“Ada pula asam laktat dalam yoghurt yang berfungsi sebagai eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati yang membantu meremajakan kulit. Selain mengatasi kulit kusam, yoghurt menjaga kelembutan dan elastisitas kulit. Kandungan protein di dalamnya mendorong produksi kolagen, yang meningkatkan elastisitas kulit,” terang Emilia kepada tabloidbintang.comdi Jakarta, belum lama ini.

Terkait kesehatan rambut, Anda yang mengalami kerontokan direkomendasikan rutin mengonsumsi yoghurt. Yoghurt sendiri bisa digunakan sebagai masker rambut 10 menit sebelum keramas. Kandungan asam laktatnya mampu mengangkat residu di kulit kepala. Vitaminnya mencegah dan mengatasi beragam masalah rambut. Emilia menyampaikan hal ini dalam gelar wicara bersama yoghurt Yoforia.

Direktur Utama PT. Prima Lakto Sehat Iwan Santoso, menjelaskan yoghurt Yoforia yang hadir sejak 2016 menampilkan rasa Coffe Cream, Berry Smooth, dan Peach Delight. “Sekarang dikemas praktis agar banyak orang makin mudah merasakan manfaatnya. Yoghurt juga efektif menangkal penyebaran bakteri penyebab bau mulut. Disarankan untuk mengonsumsi 2-3 porsi yoghurt dalam sehari dan dapat dijadikan sebagai teman sarapan, makan siang, atau sesudah makan malam,” sebutnya.

(ray / ray)


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT