Awas, Lebih dari 17 Juta Orang di Dunia Meninggal Tiap Tahun Karena Penyakit Ini
TABLOIDBINTANG.COM | 29/09/2018 22:30
Awas, Lebih dari 17 Juta Orang di Dunia Meninggal Tiap Tahun Karena Penyakit Ini
Gaya hidup yang tidak sehat memengaruhi kondisi organ tubuh Anda. (Foto: Depositphotos)

Tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia. Banyak fakta dan data seputar penyakit jantung terungkap dalam peringatan tahunan ini. Gaya hidup yang sibuk cenderung membuat masyarakat mengonsumsi makanan sambil bepergian. Akibatnya, pemilihan makanan jadi kurang cermat. Orang lebih sering mengasup makanan tinggi kalori, lemak, gula, dan garam.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut 39 persen orang dewasa usia 18 tahun ke atas kelebihan berat badan dan 13 persen di antaranya masuk kategori obesitas. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, pembunuh nomor satu di dunia yang membuat lebih dari 17,7 juta orang meninggal setiap tahun. Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI tahun 2013 menyebut prevelensi penyakit jantung koroner mencapai 2,1 persen dari total penduduk.

"Semua orang memiliki risiko untuk terkena penyakit jantung. Sekarang makin banyak anak muda kena serangan jantung. Kebanyakan penyebabnya gaya hidup yang tidak sehat," ulas ahli jantung dari Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI) dan Pokja Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Dr dr Antonia Anna Lukito, SpJP(K), FIHA FSCAI, FAPSIC, kepada tabloidbintang.com di Jakarta, pekan ini.

Salah satu kunci jantung sehat, pola makan yang sehat dan bergizi. Bukan berarti kita tidak diizinkan menikmati hidangan lezat yang selama ini kita sukai. Kurangilah mengasup makanan cepat saji dan kembalilah ke masakan rumahan. Masakan rumahan, memiliki kekuatan yang tidak tertandingi dalam meningkatkan kesehatan karena kita punya kontrol penuh atas bahan yang digunakan. Karenanya, kualitas makanan rumahan lebih terjaga.

"Kami mendukung upaya WHO menciptakan kesadaran yang lebih luas mengenai faktor risiko penyakit kardiovaskular. Kami berkomitmen menyediakan peralatan dapur berkualitas untuk menyiapkan makanan yang bergizi dan lezat di rumah. Penelitian menunjukkan 82 persen orang berkeinginan membeli peralatan yang membantu mereka menyiapkan makanan sehat," ujar Head of Personal Health Philips Indonesia, Yongky Sentosa.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT