Ada Transfer Rp 9 MiIiar Ke RSUD Masohi, Kadis Kesehatan : Saya Tidak Tahu Untuk Apa
TERASMALUKU.COM | 18/01/2022 14:49
Ada Transfer Rp 9 MiIiar Ke RSUD Masohi, Kadis Kesehatan : Saya Tidak Tahu Untuk Apa

TERASMALUKU.COM,-MASOHI-Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) hingga kini belum mengetahui pasti dana Rp 9 miliar yang ditransfer Pemerintah Pusat (Pempus) ke rekening Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Masohi diperuntukkan untuk apa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Zahlul Ikhsan mengungkapkan hal itu kepada wartawan di Masohi, Senin, (17/1/2022).

Zahlul mengakui ada sisa tunggakan pembayaran pemerintah untuk insentif Covid-19 bagi tenaga kesehatan di Malteng yakni Oktober, November dan Desember 2020.

Insentif ini awalnya dibebankan ke Pemereintah Daerah dan sudah diusulkan. Namun 29 Desember 2021, pihaknya baru mengetahui ada dana masuk ke rekening RSUD Masohi sebesar Rp 9 miliar.

“Nah, apakah Rp 9 miliar yang ditransfer Pempus ke rekening RSUD Masohi ini untuk insentif tenaga kesehatan atau bukan, kita belum tahu itu,” kata Zahlul.

Menurut Zahlul mestinya sebelum alokasi dana Rp 9 miliar, pihaknya harus duluan menerima petunjuk teknis (juknis) agar dapat mengetahui pengunaanya. Hingga kini kata Zahlul, dana itu masih di rekening RSUD Masohi dan belum digunakan.

“Kita lagi menunggu juknisnya, kita lagi menunggu biar kita tahu berapa persen untuk apa, dan berapa persen lagi untuk apa. Mudah-mudahan dana ini di dalamnya untuk insentif Covid 2020 sehingga kita dapat membayar insentif tenaga kesehatan yang menangani pasien covid dari 2020,” ujarnya.

Insentif untuk tenaga kesehatan kata Zahlul sudah diusulkan, namun pada 29 Desember 2021, pihaknya baru tahu ada transfer dana dari Pempus ke rekening RSUD Masohi sebesar Rp 9 miliar.

Karena dana yang di transfer di akhir tahun, maka belum bisa katakana dana sebesar itu untuk pembayaran insentif atau bukan.

“Dana itu baru masuk ke rekening tetapi belum digunakan. Kita belum tahu karena belum menerima juknisnya. Memang kita terima dana tetapi peruntukannya untup apa. Biasanya juknisnya duluan baru dananya masuk,” katanya.

terasmaluku.com


BERITA TERKAIT