Destinasi Wisata Favorit Wisdom : Jakarta Peringkat Pertama, Semarang Kedua
KRJOGJA.COM | 14/06/2022 10:56
Destinasi Wisata Favorit Wisdom : Jakarta Peringkat Pertama, Semarang Kedua
Ilustrasi Pria Travelling

JAKARTA, KRJOGJA.com – Semarang peringkat kedua tujuan wisata favorit untuk wisatawan domestik, sedangkan urutan pertama adalah DKI Jakarta. Demikian diungkapkan President Director PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman dalam acara virtual Contactless Talk, Jumat (10/6/2022).

Global Travel Intention Study tahun 2021 dari Visa melaporkan destinasi wisata favorit yang ingin dikunjungi masyarakat Indonesia pasca pandemi Covid-19.

“Peringkat pertama tujuan wisata favorit untuk wisatawan domestik ialah DKI Jakarta.Lalu di peringkat kedua ada Semarang, Jawa Tengah dan baru kemudian di peringkat ketiga Pulau Bali,” ujar Riko Abdurrahman.

Pulau Dewata justru menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan asing yang ingin ke Indonesia.

“Untuk wisatawan asing terutama wisatawan dari Australia, Bali itu nomor 1. Bagi wisatawan asing Malaysia, Bali itu juga nomor 1,” ungkapnya.

Sementara, bagi wisatawan domestik yang ingin ke luar negeri, tujuan terfavoritnya, yaitu Jepang, Malaysia, Amerika Serikat (AS), Singapura, dan Thailand.

Rinciannya, sebanyak 18 persen responden menunjuk Jepang sebagai destinasi internasional yang ingin dituju, 14 persen memilih Malaysia, dan masing-masing 10 persen memilih AS, Singapura, serta Thailand.


Untuk destinasi negara yang paling populer itu Jepang ternyata. 18 persen orang Indonesia inginnya ke Jepang, abis gitu ke Malaysia dan setelah itu AS, Singapura, dan Thailand. Kemudian ada juga Korea Selatan,” ucapnya.

Melihat hasil laporan tersebut, Rico optimistis industri pariwisata akan kembali menggeliat setelah diberlakukannya pelonggaran perjalanan dalam dan luar negeri oleh pemerintah.

Hal ini serta-merta juga akan berdampak pada industri jasa keuangan seperti Visa karena mulai kembalinya mobilitas masyarakat setelah dua tahun pandemi Covid-19.

“Jadi hopefully dengan keadaan yang sekarang saya sih cukup optimis ya kita akan rebound kembali dan travel akan kembali,” tuturnya.

 

krjogja.com


BERITA TERKAIT