Mulai 29 April YIA Layani Penerbangan Internasional
KRJOGJA.COM | 27/04/2022 09:50
Mulai 29 April YIA Layani Penerbangan Internasional
Yogyakarta International Airport atau YIA

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Perseroan Angkasa Pura (AP) I menggelar simulasi keberangkatan dan kedatangan penumpang rute internasional di Yogyakarta International Airport (YIA). Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan proses penerbangan internasional yang secara resmi akan dibuka Jumat (29/4/2022) nanti berjalan lancar, aman dan nyaman serta tanpa ada kendala.


Pelaksana Tugas Sementara (PTS) Airport, Service and Security Senior Manager YIA, Rahmat Febrian, simulasi diikuti seluruh stakeholder yang terlibat penanganan penerbangan internasional YIA, khususnya Customs Immigration & Quarantine/ CIQ. “Simulasi kita lakukan mulai dari ‘flow’ keberangkatan dan kedatangan. Sampai dengan peran Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebagai petugas yang melakukan validasi kedatangan penumpang penerbangan internasional. Semuanya sudah kita siapkan tempatnya,” kata Rahmat usai simulasi penerbangan internasional di YIA, Selasa (26/4/2022).

Sesuai persyaratan yang diterbitkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) SE nomor 42 dan 17, Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) wajib mengunduh Aplikasi PeduliLindungi. PPLN juga diwajibkan melakukan tes PCR berlaku 2×24 jam. “Suhu tubuh PPLN juga harus normal. Kalau suhu tubuh PPLN 37,5 derajat maka mereka akan diperiksa oleh petugas KKP. Uji coba flow kita adakan bekerjasama Satgas Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial (Dinsos) DIY,” ungkapnya.

Sesuai SE nomor 42/ 2022 tentang Petunjuk PPLN yang diterbitkan Kemenhub, YIA merupakan salah satu dari 10 bandara di Indonesia yang mendapat izin melayani penerbangan internasional.

Pantauan KRJOGJA.com, simulasi penerbangan internasional yang digelar sejumlah stakeholder di YIA dimulai dari proses check in di terminal keberangkatan sampai ruang tunggu khusus penumpang penerbangan internasional di timur ruang tunggu penumpang domestik. Petugas juga melakukan simulasi proses kedatangan penumpang internasional meliputi pengambilan barang bawaan, pemeriksaan oleh petugas bea dan cukai, pemeriksaan kesehatan oleh petugas KKP hingga pemeriksaan dokumen keimigrasian.


Simulasi proses pelayanan penumpang pesawat penerbangan internasional di YIA mendapat apresiasi positif dari Station Manager Air Asia Galih Rahmanto. “Dari sisi CIQ, saya lihat YIA sudah sangat siap menyambut penumpang penerbangan internasional. Sedangkan dari pihak kami, karena ini reguler maka persiapannya hanya sosialisasi,” tegasnya.

Lebih lanjut Galih mengatakan, rute penerbangan Kuala Lumpur ke Yogya atau sebaliknya dinilai berpotensi menarik minat penumpang secara signifikan. Apalagi DIY menjadi destinasi wisata internasional tentu akan berdampak positif terhadap kehadiran penerbangan internasional di YIA tersebut.

“Sesuai data kami, potensi sekitar 120 penumpang, tapi untuk actual number penumpang nanti baru kelihatan di hari H keberangkatan internasional. Sementara ini, dalam satu hari kami (Air Asia-Red.) perpekan mendapat jadwal dua kali penerbangan, Jumat dan Minggu, sementara pada Juli nanti kami sudah mendapat izin penerbangan internasional daily,” jelasnya.

Galih menyampaikan optimismenya ke depan jumlah penumpang internasional yang menggunakan jasa maskapainya di YIA akan meningkat seiring menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia. “Kita selalu optimis YIA dibuka untuk pintu masuk internasional dan saya yakin ke depan jumlah penumpang pasti meningkat,” katanya.

 

 

krjogja.com

 
 

 


BERITA TERKAIT