Burjo, Bubur Kacang Hijau Bisa Buat Air Kencing Lebih Lancar, Tak Percaya? Coba Saja...
KRJOGJA.COM | 21/02/2020 18:07
Burjo, Bubur Kacang Hijau Bisa Buat Air Kencing Lebih Lancar, Tak Percaya? Coba Saja...

KRJOGJA.COM - Bahan alami berkhasiat seperti kacang hijau bisa diproses menjadi bahan baku untuk pembuatan makanan ataupun masakan. Selain bergizi dan menyehatkan, dengan adanya kacang hijau mampu memberi cita rasa tersendiri.

Jenis masakan ataupun makanan ringan yang menggunakan bahan kacang hijau, misalnya bubur kacang hijau (burjo), bubuk kacang hijau (untuk minuman instan), bakpia dan beberapa jenis kue lain. Bahan baku jenis kacang-kacangan berwarna hijau ini juga mudah didapatkan di pasaran.

Seperti dikutip dari harianmerapi.com, ketika bisa rutin mengkonsumsi asupan berbahan kacang hijau, diyakini dapat membantu melancarkan air seni, musuh maag serta mendukung daya tahan tubuh dari beberapa keluhan kesehatan. Jika dibuat sebagai ramuan alami sebagai musuh maag, resep yang diterapkan dapat menggunakan seperempat kilogram kacang hijau yang dijemur sampai kering lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu diambil satu sendok makan bubuk kacang hijau dan diseduh dengan air hangat secukupnya. Dengan diminum secara teratur, semoga bisa cocok membantu mengatasi serangan maag.

Lain halnya jika terserang sakit perut, cukup memanfaatkan 60 gram kacang hijau. Bahan ini ditambah 15 butir merica, tiga gram kayu manis, tiga gram pala, tiga gram kapulaga, tiga gram cengkih dan dua ruas rimpang jahe. Semua bahan direbus dengan air bersih satu liter. Lalu dipanaskan terus sampai menjadi larutan sebanyak setengah liter dan diminum teratur. Sedangkan bagi bayi yang terserang demam cukup dengan memberikan satu gelas air rebusan kacang hijau dan ditambah satu sendok makan madu. Air rebusan ini diberikan sesendok demi sesendok.

Resep alami lainnya untuk memperlancar air seni (peluruh kencing), yakni memanfaatkan 30 gram kacang hijau, 30 gram daun sendok dan air bersih 400 cc. Ramuan ini dimasak dalam periuk tanah ataupun panci stainlis sampai matang. Setelah dingin ditambah madu secukupnya.

Sebaiknya diminum secara teratur sampai kencing tak tersendat-sendat lagi. Sedangkan untuk membantu mengatasi rambut rontok, kacang hijau direbus dengan satu gelas air. Setelah tampak agak matang, tetapi tidak pecah, segera diangkat. Setelah dingin,
air hasil rebusannya digunakan untuk membasahi kulit kepala sembari dipijit-pijit beberapa lama. Masih perlu ditunggu sampai kering lalu segera keramas.

Adapun kandungan gizi pada kacang hijau antara lain ada protein, lemak, vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral berupa fosfor, zat besi dan magnesium. Selain itu dipercaya bisa membantu melawan radang ginjal, melancarkan pencernaan, tekanan darah tinggi, mengatasi keracunan alkohol, gatal karena biang keringat, muntaber serta menguatkan fungsi limpa. (Yan)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT