Khasiat Pisang, Kurangi Risiko Asma dan Darah Tinggi Bahkan Lawan Sakit Kuning
KRJOGJA.COM | 21/02/2020 17:07
Khasiat Pisang, Kurangi Risiko Asma dan Darah Tinggi Bahkan Lawan Sakit Kuning

KRJOGJA.COM - meski aneka jenis obat berbahan kimia mudah diperoleh di pasaran, namun tak sedikit masyarakat lebih merasa nyaman dan aman memilih bahan-bahan alami. Dengan kata lain, untuk mewujudkan sehat baik sebagai usaha mencegah serta melawan keluhan kesehatan lebih mengutamakan dengan cara-cara alami. Satu di antaranya memanfaatkan buah pisang untuk membantu mencegah serta menyingkirkan darah tinggi atau hipertensi.

Cara pemanfaatannya dapat tunggal atau dipadu bahan alami lain, bahkan bisa langsung dikonsumsi atau dibuat olahan dahulu seperti jus buah pisang. Salah satu resepnya sebagai musuh hipertensi, yakni buah pisang yang diblender bersama kulitnya berat kisaran 500 gram dan wijen hitam 15 gram. Saat akan diblender diberi air secukupnya dan hasil blenderan diminum sampai habis dalam sehari.

“Selain berkhasiat bagi kesehatan, buah pisang dikenal juga kaya kandungan gizi. Selain bisa dikonsumsi masih wujud buah langsung, dapat juga diolah menjadi beberapa jenis olahan antara lain selai pisang, minuman jus, sari buah pisang dan cerimping,” ungkap warga Minggir Sleman, Rumini Seperti dikutip dari harianmerapi.com,.

Resep lain pemanfaatan pisang, misalnya untuk melawan sakit kuning. Caranya cukup rutin mengkonsumsi jenis buah pisang emas yang sudah masak. Jika luka usus, yakni bisa memanfaatkan kulit buah pisang kluthuk yang sudah masak dan buah pisang mentah. Bahan ini diiris-iris tipis, lalu ditumbuk sampai halus dan diperas sampai keluar airnya. Setelah itu bisa diendapkan semalam lalu diminum setelah bangun tidur.

Sebagai penggempur, sesak nafas (asma) dan batuk akibat paru-paru panas, bisa menggunakan dua buah pisang yang sudah masak, lalu dikukus sampai masak beserta kulitnya. Asupan ini dimakan pagi hari sewaktu perut kosong dan malam saat akan tidur. Lain lagi untuk menghalau migren, kulit pisang yang sudah matang digiling sampai menjadi adonan seperti bubur. Hasilnya dibalurkan pada bagian dahi, pelipis dan belakang leher.

Ditemui di suatu even bazaar, Rumini menjelaskan, ia pun senang mengkonsumsi serta membuat olahan pisang. Selain dikenal sebagai asupan menyehatkan, aneka jenis pisang pun mempunyai cita rasa khas. Jenis-jenis yang dikenal masyarakat dan sebagian cocok dibuat menjadi produk olahan, misalnya ada kepok, tanduk, Ambon, koja dan raja. Sebagian jenis pisang pun bisa dibuat menjadi tepung dan dijadikan bahan baku membuat kue.

“Wajar jika pohon pisang dikenal sebagai tanaman multimanfaat, misalnya bagian dari tanaman seperti daun, buah, jantung dan gedebok dapat dibuat asupan menyehatkan dan ada yang bisa diproses menjadi produk-produk kerajinan,” terang Rumini.

Adapun bahan alami lain untuk menghindari darah tinggi (hipertensi), misalnya mengunakan buah mengkudu atau pace. Cara membuatnya, satu buah mengkudu diparut. Lalu dicampurkan dengan air matang hangat (100 ml). Airnya diminum dalam keadaan masih hangat, sehari cukup satu kali.(Yan)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT