Candi Borobudur Diklaim Milik Yogya? Jawaban Ganjar di Luar Dugaan...
KRJOGJA.COM | 16/09/2019 12:54
Candi Borobudur Diklaim Milik Yogya? Jawaban Ganjar di Luar Dugaan...
Candi Borobudur di sela acara Borobudur Writers and Cultural Festival 2018, 24 November 2018. TEMPO | Pito Agustin Rudiana

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur melibatkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bertekad memperkuat kolaborasi yang selama ini terbangun antarprovinsi dalam membangun wilayah tiga kabupaten itu.  

BACA: Jalan di Lingkungan Borobudur Dikeluhkan Presiden Jokowi, Kenapa?

Ganjar mengatakan, membangun kawasan tersebut tidak mudah, namun dapat diatasi apabila semua pihak duduk bersama mengurai berbagai simpul permasalahan. "Kalau Purworejo dan Magelang, Gubernur Jateng turun tangan. Namun karena ada Kulonprogo, maka harus ada pembicaraan antarprovinsi," tuturnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, saat berada di Purworejo, Rabu (4/9/2019). 

Menurutnya, prinsip pembangunan yang dikedepankan adalah kolaborasi, bukan kompetisi. Ganjar mencontohkan apabila dirinya tidak masalah adanya klaim Candi Borobudur milik Yogyakarta.  

Klaim itu muncul karena bandara tempat turis datang, berada di Yogyakarta. "Jika ada yang bilang Borobudur milik Yogyakarta, aku 'meneng wae', tidak apa-apa. Bagaimana ? ya 'andum' rezeki 'wae ora popo', mendaratnya di Yogyakarta, berkunjungnya ke Borobudur," terangnya. 

Pemerintah Jateng bersinergi dengan DIY. Pertemuan antargubernur, kata Ganjar, beberapa kali dilakukan dan difasilitasi pemerintah pusat.  

Ganjar menyebutkan, bentuk kolaborasi antara lain dalam rencana pembangunan amenitas dukungan transportasi Bawen - Yogyakarta, tol Solo - Yogyakarta atau pengembangan kawasan Joglosemar. "Kan musti 'ngomong', kita bersinergi karena rencana itu menyangkut kepentingan dua provinsi," ungkapnya. 

Selain itu, Ganjar juga siap mendukung rencana pembangunan kawasan perbatasan yang akan dilakukan Pemkab Purworejo. Kabupaten Purworejo merupakan wilayah Jateng yang letaknya paling dekat dengan Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulonprogo. Bupati Purworejo, katanya, sudah menyiapkan wilayahnya untuk kawasan pergudangan, industri, jasa dan pariwisata. 

BACA: Tanah Rampasan Rp 19,95 M Kasus SIM Joko Susilo Diberikan ke Pemda DIY 

Provinsi akan memberikan dukungan antara lain menyiapkan pintu keluar masuk ke arah Purworejo apabila pemerintah pusat membangun akses jalan utama atau tol di kawasan itu. "Namun tidak hanya Purworejo, tapi nanti akan ada akses yang kita putar sampai Borobudur. Maka Purworejo, Kulonprogo, Magelang ini akan bersinergi menyiapkan dukungan ke arah sana," tegasnya.(Jas)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT