Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Oatmeal, Pisang, Kentang, Cokelat, Buah Berry
KRJOGJA.COM | 31/08/2019 10:07
Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Oatmeal, Pisang, Kentang, Cokelat, Buah Berry

KRJOGJA.COM - Darah tinggi dapat menyebabkan risiko fatal seperti serangan jantung. Ada baiknya Anda mengetahui makanan penurun darah tinggi mana yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Karena pada dasarnya, tekanan darah yang tinggi bisa disebabkan oleh beberapa makanan tertentu.

BACA: Hipertensi Pintu Masuk Penyakit Lain

Dilansir dari FoodPrevent, Selasa (27/08/19), berikut lima makanan yang bisa Anda konsumsi sehari-hari untuk membantu menurunkan darah tinggi:

 

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung natrium rendah, lemak rendah, dan serat tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Oatmeal dikenal dengan manfaat yang menyehatkan jantung pada tahun 1995 ketika FDA secara resmi menyetujui dan mengklaim kesehatan jantung dari The Quaker Oats Company. Bahkan hal ini merupakan klaim kesehatan berbasis makanan pertama yang disetujui oleh FDA untuk dipasarkan dan dikemas dalam suatu kotak produk.

Sarapan dengan oatmeal adalah ide bagus sebagai makanan pertama Anda sebelum menjalani hari. Jika Anda merasa rasa oatmeal terlalu hambar, Anda bisa menambahkan buah segar atau sedikit madu.

2. Pisang

Pisang memiliki beberapa vitamin sehat salah satunya vitamin C. Pisang juga memiliki karbohidrat, protein, serat dan magnesium. Fungsi kalium yang ada pada pisang efektif untuk menurunkan tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau juga sebagai teman untuk makan sereal atau yogurt.

3. Kentang

Jika Anda tidak menyukai pisang, ada beberapa opsi lain untuk mendapatkan kalium, salah satu yang menempati urutan teratas dalam daftar adalah kentang. Untuk mendapatkan manfaat kentang sebagai makanan penurun darah tinggi, sebaiknya Anda coba untuk mengonsumsi kentang yang hanya direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam.

4. Cokelat

Begitu banyak manfaat dari cokelat. Kandungan dalam dark chocolate berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah, hasilnya dapat menurunkan tekanan darah, seperti dijelaskan dalam penelitian lain. Semakin tinggi kandungan kakao dalam produk cokelat (sebanyak 70% kakao), semakin baik untuk kesehatan Anda.

5. Buah Berry

Berry seperti blueberry, stroberi, raspberry, blackberry benar-benar apa saja dengan kata berry di dalamnya, dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga dapat membantu sebagai makan penurun darah tinggi. Anda dapat menambahkan buah berry ke yougurt atau sereal untuk sarapan pagi Anda.

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT