Sosok Deden yang Viral, Pengamen Tuna Netra di Malioboro Bersuara Emas
KRJOGJA.COM | 24/07/2019 06:00
Sosok Deden yang Viral, Pengamen Tuna Netra di Malioboro Bersuara Emas
Deden Abdulrahman, pengamen tuna netra yang viral karena suara emasnya. (Foto: Harminanto)

BEBERAPA hari terakhir, sosial media dihiasi kabar menarik tentang seorang pengamen pria bersuara emas di kawasan Jalan Malioboro. Menyanyikan lagu milik penyanyi Andmesh Kamaleng, berjudul Cinta Luar Biasa, pengamen yang kemudian diketahui bernama Deden menyita perhatian warganet karena suara yang indah. 

KRjogja.com lantas berusaha mencari sosok Deden yang diketahui merupakan difabel tuna netra tersebut. Jumat (19/7/2019), reporter KRjogja.com akhirnya bertemu dan berbincang dengan Deden Abdulrahman, pemuda 29 tahun asal Lombok Barat NTB setelah sebelumnya cukup sulit mencari kontak telpon miliknya. 

BACA:  Amnidi, Buruh Bangunan Asal Batam Sukses Hantarkan Putranya Masuk UGM

Keseharian Deden ternyata dihabiskan di kawasan Gambiran Umbulharjo Kota Yogyakarta selama empat tahun terakhir. Ia  betah tinggal karena memiliki ibu asuh begitu baik selama tinggal di Yogyakarta sejak 2015, ditambah masyarakat yang menurutnya lebih ramah pada difabel. 

Berlatih band dan berorganisasi di Persatuan Tuna Netra Indonesia menjadi kegiatan sehari-hari Deden sebelum berangkat mengamen di Malioboro pada malam harinya. Rutinitas tersebut membuat pemuda yang tercatat sebagai mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta ini merasa bahagia. 

BACA: Ananda, Anak Penjual Mainan Peraih Nilai Sempurna UNBK Masuk UGM

Saat tiba waktu pukul 19.00 WIB, Deden akan mulai bersiap. Ia mengecek sebuah sound sistem mini yang dirakitnya hampir dua tahun lalu dan berdandan rapi sebelum akhirnya berangkat menggunakan becak langganannya. 

Setiap malam rutininas tersebut dilakukannya, menghibur wisatawan di Jalan Malioboro, tepat di depan Mall Malioboro. Suara merdu yang keluar dari mulutnya, hampir selalu membuat orang kangen. 

“Saya sudah punya pendengar setia, kadang kalau saya tidak ngamen karena ada job lain atau kegiatan lain, banyak yang tanya. Biasanya pedagang kopi keliling dekat saya mengamen yang memberitahu, kalau banyak yang mencari saya,” ungkapnya mengisahkan. 

BACA: Menteri Susi Pudjiastuti Ingin Jadi Wartawan Online

Deden mengaku tak pernah belajar menyanyi sejak dulu, kemampuan memadu nada tersebut didapatkan secara ototidak karena hobi berkesenian sejak kecil. Keterbatasan penglihatan yang dimiliki karena penyakit sejak lahir, ternyata tak dianggap Deden sebagai penghalang justru memotivasinya untuk berprestasi di bidang yang digemari. 

BACA KISAH SELENGKAPNYA DI KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT