Ratusan Wisatawan di Pantai Selatan Jawa Jadi Korban Serangan Ubur-ubur
KRJOGJA.COM | 10/06/2019 11:20
Ratusan Wisatawan di Pantai Selatan Jawa Jadi Korban Serangan Ubur-ubur

KRETEK, KRJOGJA.com - Data Pos SAR Parangtritis Kretek Bantul mencatat hingga Minggu (09/06/2019) hampir 200 wisatawan tersengat ubur-ubur beracun. Mayoritas dari mereka adalah anak-anak.

“Data yang masuk ke Pos SAR sejak Senin lalu hingga Sabtu kemarin jumah korban sengatan ubur-ubur mencapai 188 orang. Jumlah itu merupakan rekapan dari Pantai Depok dan Parangtritis,” ujar Komandan SAR Bantul, Arif Nugraha kepada KRJOGJA.com, Minggu (09/06/2019).  

BACA: 'Parno' ke Pantai Karena Ubur-ubur, Berikut Tips Mengatasinya

Dalam kurung waktu sepekan ini, Kamis lalu atau H+1 Lebaran menjadi hari paling banyak wisatawan tersengat ubur-ubur. Khusus dari Pantai Parangtritis saja jumlahnya menembus angka 92 orang, sedang dari Pantai Depok ada 26 wisatawan.

Arif mengatakan dampak dari sengatan ubur-ubur jenis blue bottles ini membuat perut sakit. Selain itu, jika orang tersebut punya riwayat penyakit juga bisa mengakibatkan sesak di dada.

Pihaknya sudah mengimbau wisatawan tetap waspada dan menjaga anak-anaknya. Karena hingga kini belum diketahui waktu berakhirnya kemunculan ubur-ubur itu.

Sementara itu, puluhan wisatawan tersengat ubur-ubur saat bermain ombak laut di Pantai Suwuk, Kabupaten Kebumen. Terhadap mereka yang tersengat ubur-ubur, ditangani tim medis dari Puskesmas Puring dan PMI Kebumen.

"Dari pagi hingga sore, ada lebih dari 20 wisatawan yang ditangani tim medis akibat tersengat ubur-ubur," ujar Koordinator Tim SAR BPBD Kabupaten Kebumen, Heri Purwoto, Jumat (7/6/2019).

BACA: Libur Lebaran di Pantai Selatan, Waspadai Sengatan Ubur-Ubur

Sengatan ubur-ubur ditandai gejala gatal disertai rasa seperti terbakar dan melepuh. Agar tidak semakin banyak wisatawan yang menjadi korban, petugas penjaga pantai dengan menggunakan pengeras suara, melarang wisatawan mandi di laut.

Selain itu, sangat membahayakan jiwa karena bisa tergulung ombak. Terlebih lagi, sudah ada 2 wisatawan yang hilang terseret ombak Pantai Suwuk saat asyik mandi di laut pada Kamis (6/6/2019). (Suk)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT