Untuk Calon Mahasiswa Baru di Yogya, Yuk Kenalan Dengan Menu Angkringan
KRJOGJA.COM | 28/03/2019 12:00
Untuk Calon Mahasiswa Baru di Yogya, Yuk Kenalan Dengan Menu Angkringan
Angkringan Pak Jabrik dengan menu ragam tusukan satenya yang sangat memanjakan mata (Foto: Avi N A)

YOGYA, KRJOGJA.com - Gerobak sederhana yang berisikan nasi kucing yang enak nan imut menjadi andalan banyak anak kos di Yogya. Angkringn dengan menu nasi kucing dengan secuil berisi oseng kering tempe atau sambel teri dengan dibungkus daun pisang pasti membuat ketagihan. Nah.. calon mahasiswa baru di Yogya udah pada tahu belum harga makanan di angkringan berapa?   

Jangan datang kesini kalau kamu lagi laper banget. Dijamin bakal kalap liat deretan nasi kucing, sate, baceman dan gorengan yang terpampang nyata di gerobak. Nasi kucing di beberapa angkringan bermacam varian mulai dari Nasi rica rica, Lombok ijo, Oseng seri, Oseng usus, Nasi mercon kikil, Sambel tongkol, Suir ayam dan Nasi uduk special dengan harga mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 10.000.  

BACA JUGA: Apem, Kue Tradisional Jogja yang Rasanya Mantul

Dan jika beruntung, beberapa angkringan di Yogya juga menyuguhkan keragaman tusukan cemilan yang sangat memanjakan mata. Telor gulung pedas, sosis telor kukus, bakso ikan, kerang, sosis telor, telor dadar puyung, keong, pisrol, jantung ayam, udang krispi, telor puyuh, kikil sapi, sosis mie, sate ayam bumbu kacang, bakso, sosis kering, somai, jamur, kerang bacem, kulit ayam, telor dadar, usus ayam hingga sempol ayam dijual dengan harga Rp 3.000 hingga Rp 9.000 per tusuk.

Menurut Indra Wijaya pelayan 'Angkringan Pak Jabrik' di Jalan Marga Utama depan Kedaulatan Rakyat, kopi jos dan jamuan beragam wedang menjadi menu andalan dari angkringan tersebut. "Mungkin karena pembeli sukanya yang hangat-hangat," katanya.

Hal yang sama juga ditemukan di 'Angkringan Gosong' yang tertelak di Jalan Pepaya Catur Tunggal, Depok, Sleman. Kering tempe dan sambel teri dengan ciri khas merahnya dijual dengan harga Rp 1.500 saja. "Menu yang banyak digemari sate usus ayam sama gorengan bakarnya," kata Ahmad kepada KRJOGJA.com.

BACA JUGA: Dapur Warna, Gabungkan Edutainment-Kuliner Hingga Seni Batik

Di angkringan ini, kamu dapat menikmati menu gorengan bakar yang 'endol manjalita' (enak). Tidak semua angkringan bisa menyediakan menu gorengan bakar yang diolesi kecap di atasnya dengan rasa yang pas.

"Harga makanan di angkringan sini memang cukup murah karena menyesuaikan tempat disekitar sini," tambahnya sembari menyatakan es tape di sini rasanya juara. Nah, kalau mau kuliah di Yogya, biasakan dengan menu angkringan yang tersebar di pelosok wilayah ini. (Ive)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT