Karpet Merah Bakal Tergelar di Malioboro Besok, Ada Apa?
KRJOGJA.COM | 09/02/2019 20:00
Karpet Merah Bakal Tergelar di Malioboro Besok, Ada Apa?
Pembenahan kawasan pedestrian Malioboro, DI Yogyakarta, 7 Februari lalu. ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

YOGYA, KRJOGJA.com - Jalan Malioboro, mulai dari Toko Terang Bulan hingga Titik Nol Km akan ditutup sebagai tempat pergelaran Malioboro Fashion 1.000 Sarong, Minggu (10/02/2019) besok. Rencananya, karpet merah menutupi jalan mulai dari titik Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta hingga utara Pasar Beringharjo.

“Untuk karpet merah mulai dari Monumen Serangan Umum 1 Maret hingga ke Pasar Beringharjo. Penutupan jalannya dari Toko Terang Bulan sampai Titik Nol Km,” ujar Mamat, Sekretaris II Jogja Heboh.

BACA JUGA: Penarik Ingin Becak jadi Ikon Wisata

Ia menyampaikan bagi siapa yang ingin menonton pergelaran tersebut bisa memarkirkan kendaraan di Pesonna Tugu Hotel. “Peragaan ini bakal menghadirkan 1.348 sarung yang dikenakan 285 model. Mulai jam 15.00 hingga 17.00. Jadi, bagi yang parkir di Benteng Vredeburg dan sekitarnya enggak boleh keluar saat acara masih berlangsung,” tuturnya.

Parade ini merupakan sebuah kampanye penggunaan kain khas Indonesia itu di ranah sehari-hari masyarakat. Sarung yang dimaksud tentu memiliki banyak motif, bukan hanya sekedar kotak-kotak saja. Tak jarang, sarung juga menampilkan keragaman wastra Indonesia yang kini mulai kembali dilirik untuk digunakan di acara penting.

BACA JUGA: Jalur Evakuasi Lereng Merapi Rusak Parah

Sebagai salah satu pintu gerbang etnik Indonesia, diharapkan gelaran tersebut mampu memberikan buah tangan alternatif dari Yogyakarta. Sehingga, wisatawan yang berkunjung ke DIY bisa membawa pulang tidak hanya batik tulis maupun cap, tapi juga sarung yang bisa dikenakan menyesuaikan tren. (M-1)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT