Ikan Louhan Ini Ditawar Rp 300 Juta Tak Dilepas
KRJOGJA.COM | 01/02/2019 18:23
Ikan Louhan Ini Ditawar Rp 300 Juta Tak Dilepas
Ikan louhan dengan warna dan nonong istimewa di Pasty Yogya. (Evi Nur Afiah)

YOGYA, KRJOGJA.com - Ikan Louhan yang sedang dipamerkan di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty) ini punya keistimewaan tersendiri. Tak heran, meski ditawar Rp 300 juta, ikan dengan 'nonong' atau jenong di kepalanya ini belum tentu dilepas.

"Kalau untuk dijual harganya variasi ya, ditawar harga 300 juta juga enggak dikasih," kata Ketua Panitia Lomba Ikan Louhan Leonardo Yovi, Jumat (01/02/2019). Kompetisi dan pameran ikan louhan di Pasty berlangsung hingga Minggu (3/2/2019).

BACA JUGA: Penghuni Pasang AC, Hak Penempatan Rusunawa Dicabut

Menurut Yovi, ikan Louhan satu ini masuk dalam kategori Golden best. Besar jenong di kepala serta warna kulit yang cantik telah menyita perhatian pengunjung.

"Bisa jadi sepeti ini biasanya faktor genetik, proses mutasi warna (perubahan) dengan sempurna," Leonardo Yovi.

Menurutnya ikan louhan ini istimewa karena memiliki warna yang cerah dan bodi yang sangat bagus. Yang menyedot perhatian pengunjug bahkan para panitia, karena jenis ini sudah langka. Artinya ukuran jenong seperti ini sudah jarang.

BACA JUGA: Bibit Akan Disubsidi, Sentra Durian Bawor Diperluas Diluar Kemrajen

Ikan louhan memang dikenal memiliki jenong dikepala sebagai ciri khasnya. Jika di presentasikan hanya 5 persen louhan jenis seperti ini bisa didapatkan.

Yovi selaku ketua penyelenggara menyampaikan, ukuran jenong louhan ini belum maksimal, mungkin saja masih bisa lebih besar lagi karena dengan bertambahnya usia ikan dapat mempengaruhi bentuk kepala. (Evi Nur Afiah)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT