Konser “Menjemput Berkah”, Sampaikan Pesan Musik Tidak Haram
KRJOGJA.COM | 01/02/2019 15:32
Konser “Menjemput Berkah”, Sampaikan Pesan Musik Tidak Haram

SLEMAN, KRJOGJA.com - Musisi Yogyakarta dari berbagai genre bakal berkumpul di Cengkir Heritage Resto & Coffee, Senin (4/2/2019) malam. Bersama Rofa Band Gus Fuad Pleret, musisi-musisi Yogya bakal ikut memeriahkan Konser Menjemput Berkah di Jalan Musik sekaligus menyampaikan pesan bahwa musik tidak haram. 

Rofa & Gus Fuad, Doni Saputra (Kiai Kanjeng), Tomo Widayat (add player Sheila on 7), Elang dan Caka (The Finest Tree), Dinno (Shakey), Sandi (Newdays), Fai (Fayrush), Kakung & Arman, Dexter hingga host Alit Jabangbayi akan menjadi penampil dalam konser peringatan ulang tahun kedua Cengkir tersebut. Beberapa nama pun masih disembunyikan yang tampaknya akan menjadi surprise pada malam konser nanti. 

Baca juga: Penadah Mobil Curian Jaringan Jabar Sasar Temanggung

Gus Fuad, pimpinan Rofa Band mengungkap keterlibatan di konser Menjemput Berkah merupakan sebuah hal menarik dan baru kali ini terlaksana. Secara khusus, pengasuh Pondok Pesantren Rodhatul Fatiha Pleret ini ingin menyampaikan pada masyarakat bahwa musik bukanlah hal haram seperti disampaikan beberapa pihak belakangan. 

“Kami memahami musik adalah tentara pertama untuk mendekatkan pada Tuhan. Saya tegaskan bahwa musik itu halal dan inilah cara mendekatkan pada Tuhan. Kalau konteks keyakinan Islam yang memunculkan haram untuk musik ini pasti adalah pemahaman sepotong-sepotong dari Hadist dan Quran,” ungkap Gus Fuad saat sesi konferensi pers Kamis (31/1/2019). 

Baca juga: Kemensos Targetkan Graduasi KPM Meningkat

Gus Fuad juga menyampaikan keprihatinan pada musisi-musisi yang lantas memilih hijrah dan meninggalkan sama sekali dunia musik yang membawa banyak berkah bagi sesama. 
“Kami prihatin juga dengan musisi-musisi yang menyatakan hijrah lalu misalnya gitarnya dibakar dan tak mau beemusik. Kami ingin menegaskan bahwa jalan musik itu jalan mulia untuk mendatangkan berkah baik dunia maupun akhirat. Kalau hijrah malah tak mandiri,  malah kemudian jadi dai bertarif, itu tak memberi faedah bagi umat,” ungkapnya lagi. 

Sementara Doni eks Seventeen yang juga vokalis Kiai Kanjeng mengungkap bahwa musik bukanlah hal haram namun yang membuatnya seperti itu adalah niat masing-masing orang. “Yang membuat haram itu adalah niatnya, kalau niat kita baik ya tidak haram. Kami di sini ingin mengekspresikan bahwa tafsir kami musik tidak haram. Kami memang tak berani menyalahkan yang mengatakan haram namun inilah tafsir kami. 

Konser Menjemput Berkah sendiri nantinya digelar mulai pukul 20.00 WIB hingga 23.00 WIB bertempat di halaman parkir Cengkir Heritage Resto & Coffee. Konser tersebut dilaksanakan gratis untuk siapapun pecinta musik yang ingin hadir secara langsung. (Fxh)

KRJogja.com


BERITA TERKAIT