• Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan, berdasar data angka kasus aktif Covid-19 di Bantul hingga hari ini menyentuh 12.522 kasus. Dari jumlah tersebut, 90 persen pasien harus menjalani isolasi mandiri di rumah karena keterbatasan tempat tidur di rumah sakit, rujukan hingga selter kabupaten serta kelurahan.
  • Direktur Utama (Dirut) RSUP dr Sardjito yang baru, dr Eniarti tak menampik banyak pasien positif Covid yang meninggal dunia sejak beberapa waktu terakhir. Namun demikian, Eniarti menegaskan bahwa meninggalnya pasien murni karena kondisi klinis dan bukan disebabkan terlambatnya penanganan atau kehabisan oksigen seperti yang ramai diberitakan.
  • Pemerintah pusat memprediksi lonjakan kasus covid hingga 30 persen untuk wilayah DI Yogyakarta dan Jakarta beberapa waktu ke depan. Langkah antisipatif kini disiapkan meski kondisi saat ini masih terbilang darurat di DIY dengan keterisian bed masih berada pada 96,58 persen per, Rabu (14/7/2021).
  • DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Komisi A mengeluarkan tujuh rekomendasi penanganan Covid-19 usai melaksanakan rapat kerja dengan Pemda DIY, Senin (12/7/2021) kemarin. Rekomendasi dibuat untuk memaksimalkan penanganan sektor kesehatan dan sosial ekonomi bagi warga terdampak.
  • Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin melakukan pelantikan jabatan baru Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, Senin (12/7/2021). Menkes menukar jabatan dirut Sardjito sebelumnya yakni dr Rukmono Siswishanto dengan dirut RSJ Soeroyo Magelang, dr Eniarti.
  • Beberapa foto yang memperlihatkan tenda darurat penanganan pasien Covid-19 di RSUP Dr Sardjito tergenang air, Sabtu (10/07/2021) dinihari tersebar di jejaring pesan online. Tenda yang terlihat penuh pasien dengan barang-barang dan tabung oksigen digenangu air dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.
  • Bangsal perawatan kasus virus Corona khusus anak disediakan di rumah sakit rujukan. Jumlah bed atau tempat tidur yang disediakan sebanyak 16 bed. Penyediaan tersebut dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo setelah melihat banyak kasus virus Corona terjadi pada anak.
  • Festival tahunan seni rupa terbesar di Indonesia ARTJOG kembali hadir di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta, pada 8 Juli hingga 31 Agustus 2021. Setelah tahun lalu menghelat ARTJOG Resilience yang merespon situasi pandemi, ARTJOG kali ini berupaya kembali ke skema kuratorial yang telah mereka canangkan sejak 2018. Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM darurat) oleh Pemerintah mengharuskan ARTJOG berjalan dengan format daring terlebih dahulu. ARTJOG Kamis (8/7/2021) ini telah dibuka dan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, yang secara simbolis dan improvisasi menyemprotkan hand sanitizer sebanyak 3 kali.
  • Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalokasikan anggaran untuk mengaktifkan 59 shelter isolasi mandiri penyintas Covid-19 dengan gejala ringan. Shelter-shelter yang berkapasitas antara 10 hingga 72 kamar tersebut diberikan dana pengelolaan Rp 92 juta untuk periode dua minggu isolasi guna mencukupi kebutuhan penyintas.
  • Sebagai antisipasi untuk menekan penyebaran Covid-19, di Banyumas, Pemkab Banyumas melarang warganya menerima tamu dari luar Banyumas terkecuali tamu berkaitan penanganan Covid-19.
  • Pandemi Covid-19 memberi berkah terhadap pasangan Suwadi-Kuwati. Penduduk desa Karang kecamatan Juwana meraup puluhan jutaan rupiah perharinya, karena menjual degan bakar, yang dipercaya bisa menyembuhkan sakit covid-19.
  • Guna mengatasi dan antisipasi kekurangan pasokan oksigen untuk kebutuhan rumah sakit yang akhir-akhir ini sering kekurangan, karena dampak peningkatan pasien Covid-19, Pemkab Bantul segera membangun instalasi produk oksigen sendiri.
  • Museum Sonobudoyo Yogyakarta menggelar Pagelaran Kesenian Kerakyatan setiap Rabu dan Kamis mulai pukul 20.00 – 21.00 WIB di Pendopo Timur Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Pagelaran meliputi kesenian Jathilan, Badui, Kethek Ogleng, Tayub, Reog, dan Angguk.
  • Kasus Covid-19 aktif di DIY berdasar data Satgas Covid-19 Bidang Kesehatan mencapai angka 7.397 pada Kamis (24/6/2021). Epidemolog UGM meminta pemerintah melakukan restriksi mobilitas skala luas dengan tidak lagi berdasar zona RT seperti yang saat ini dilakukan.
  • Selama dua hari perjalanan bermotor atau touring Wonderful Ride telah mengunjungi beberapa destinasi wisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta, (15-17 Juni 2021). Rombongan Wonderful Ride dengan Gerakan Bersama Komunitas (GeBer Komunitas) yang digagas oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ikut mensosialisasikan penerapan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) di lokasi wisata yang dilewati.