Ragam Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan saat Berlibur di Geopark Ciletuh Sukabumi
SUKABUMIUPDATE.COM | 13/05/2021 09:00
Kabupaten Sukabumi memiliki banyak objek wisata yang bisa dipilih untuk mengisi waktu berlibur. Tapi diantara destinasi wisata itu, yang paling sohor adalah kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.
Kabupaten Sukabumi memiliki banyak objek wisata yang bisa dipilih untuk mengisi waktu berlibur. Tapi diantara destinasi wisata itu, yang paling sohor adalah kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi memiliki banyak objek wisata yang bisa dipilih untuk mengisi waktu berlibur dari mulai pantai, pegunungan, danau, hutan, dan tempat-tempat lainnya. Tapi diantara destinasi wisata itu, yang paling sohor adalah kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Keindahan alam Geopark Ciletuh Palabuhanratu kerap kali membuat wisatawan berdecak kagum. Kawasan itu mencakup 8 kecamatan yaitu Kecamatan Ciracap, Surade,Ciemas, Waluran, Simpenan, Palabuhanratu, Cikakak, dan Cisolok. Dimana setiap kecamatan ini memiliki beragam objek wisata, sehingga tak akan cukup waktu sehari untuk menjelajahinya.

Selama ini yang teringat soal objek wisata di Kabupaten Sukabumi adalah pantainya, padahal dengan banyaknya pilihan wisata itu ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di Geopark Ciletuh Sukabumi, apa saja? berikut daftarnya.

Mengunjungi Curug

Curug Awang berada pada aliran Sungai Ciletuh yang terletak di Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas. (Istimewa)

Ada banyak curug yang memiliki keindahan di kawasan tamam bumi itu. Setiap curug memiliki keistimewaannya masing-masing, baik dari ukuran luasnya dan tinggi bahkan ada curug yang bertingkat. Curug yang bisa dikunjungi yaitu Curug Awang, Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Curug Panganten, Curug Tengah, Curug Cidongke dan Curug Cikanteh

Memancing 

Pantai Cilegok salah satu spot pancing yang ada di daerah Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. (Ragil Gilang)

Semua orang pasti sudah tahu keindahan objek wisata pantai di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi. Ketika berwisata, jangan hanya menikmati keindahanya saja karena banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti memancing.

Terdapat sejumlah spot Mancing di pantai di daerah selatan Kabupaten Sukabumi ini diantaranya Pantai Cilegok. Tak sulit menemukan pantai ini karena berada di jalur jalan sabuk Geopark Loji - Puncak Darma Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Spot mancing lainnya itu ada di Pantai Cipatuguran, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dan di Pantai Cibuaya, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Berperahu dan Snorkeling

Wisatawan menikmati liburan naik Perahu wisata milik Pokmasi Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi kemudian Snorkeling di Laut Ciemas.  (Istimewa)

Wisatawan bisa menikmati sensasi liburan dengan cara yang berbeda di laut Geopark Ciletuh Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Terutama jika ingin mengunjungi beberapa spot favorit seperti Pulau Mandrajaya, Pulau Kunti dan Batu Batik. Menikmati keindahan laut akan lebih terasa dengan menaiki Perahu Wisata yang tersedia. Pengunjung bisa lebih dekat saat menyambangi spot-spot favorit di tempat tersebut. Di sana ada Perahu piber untuk menjelajah perairan di daerah tersebut. Tak hanya itu, wisatawan bisa menikmati bawah laut Ciemas dengan snorkeling.

Mengunjungi museum

Peneliti melihat koleksi fosil hiu purba atau megalodon di Museum Sri Asih Pakidulan di Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.  (Istimewa)

Peneliti geologi dan paleontologi menyebut Desa Gunung Sungging di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat sebagai playground atau tempat bermainnya Megalodon atau hiu purba. Hal itu diperkuat dengan ditemukannya berbagai fosil hiu purba itu. Fosil yang ditemukan masyarakat itu telah dikumpulkan di Museum Sri Asih Pakidulan di Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Wakil Badan Pengelola Geopark Ciletuh - Palabuhanratu, Muhammad Teguh menyatakan, di Indonesia museum ini hanya ada satu yaitu di Kecamatan Surade. Kemudian di luar negeri, Museum seperti ini hanya ada di Peru, Inggris dan Amerika.