Pantai Selatan Sukabumi Dipadati Wisatawan, Buruan untuk Papajar Ramadhan
SUKABUMIUPDATE.COM | 11/04/2021 17:44
Pantai Selatan Sukabumi Dipadati Wisatawan, Buruan untuk Papajar Ramadhan
Wisatawan menikmati pemandangan di pantai kawasan Palabuhanratu. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Kawasan wisata Pantai di Selatan Sukabumi dipadati pengunjung pada pekan terakhir sebelum bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah. Sejumlah titik di Palabuhanratu dan Ujunggenteng ramai oleh warga yang melakukan papajar bersama keluarga mereka.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para wisatawan memenuhi beberapa objek wisata di Palabuhanratu, mulai Pantai Citepus, Karanghawu, hingga Cibangban di Kecamatan Cisolok. Mereka menikmati akhir pekan sebelum memulai ibadah puasa.

Kepala Kepolisian Sektor Cisolok Ajun Komisaris Polisi Mariyadi mengatakan peningkatan aktivitas wisata di beberapa titik tersebut telah terjadi sejak Sabtu kemarin. Dari nomor polisi kendaraan, mereka rata-rata berasal dari Jakarta, Bogor, dan Bandung.

"Alhamdulillah pantauan hari ini dan beberapa hari yang lalu telah terjadi kepadatan pengunjung di objek wisata pantai. Saat ini menjelang bulan puasa masyarakat sekitar Palabuhanratu bahwa ini papajar atau orang-orang Bogor menyebut munggahan," katanya kepada sukabumiupdate.com, Minggu, 11 April 2021.

Dengan prakiraan lonjakan pengunjung mencapai 200 persen dari hari-hari biasa, Mariyadi mengimbau masyarakat agar tidak mandi atau berenang terlalu ke tengah laut karena cuaca pun sedang kurang bersahabat.

"Sudah kami imbau wisatawan untuk tidak berenang terlalu tengah karena kondisi ombak cukup tinggi dan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas," terangnya.

Sementara itu, Ketua Balawista Kabupaten Sukabumi Yanyan Nuryanto menyebut bahwa situasi ini juga terjadi mulai di kawasan Ujunggenteng.

"Sangat ramai hari ini, wilayah Barat hingga Cibangban, Citepus, Karang Naya, Ujunggenteng, dan Cibuaya. InsyaAllah petugas yang diterjunkan untuk melakukan pengawasan sudah maksimal," singkatnya.

Salah seorang pengunjung Pantai Ujunggenteng asal Surabaya, Jawa Timur, Hendi (40 tahun) mengaku sudah dua kali berkunjung ke Pantai yang ada di Selatan Sukabumi ini bersama keluarganya menggunakan roda empat alias mobil.

"Sudah dua kali berkunjung ke Pantai Ujunggenteng dan Pangumbahan. Perjalanan selama 21 jam lewat Tol Jagorawi lalu Palabuhanratu," jelasnya.

Bersama lima anggota keluarganya, Hendi menyebut tujuannya datang ke Sukabumi ini adalah untuk berlibur menjelang Ramadhan. Meski perjalanan yang ditempuhnya cukup jauh, namun ia merasa tidak sia-sia karena disuguhi pemandangan Pantai yang indah dan membuatnya ketagihan.

"Sengaja liburnya jelang Ramadhan karena kalau Idul Fitri banyak acara keluarga," kata Hendi.

Sementara Dawir (45 tahun), warga Kecamatan Ciracap, sengaja datang ke Pantai Pangumbahan dan Ujunggenteng bersama keluarga untuk sekadar acara botraman (makan bersama). "Pantai Pangumbahan cocok sekali untuk lokasi botraman karena masih banyak tempat yang teduh dan rindang oleh pohon pandan," pungkasnya.

sukabumiupdate.com


BERITA TERKAIT