Terpesona Indahnya Sunset dari Gunung Tumpeng Sukabumi
SUKABUMIUPDATE.COM | 10/04/2021 16:20
Terpesona Indahnya Sunset dari Gunung Tumpeng Sukabumi
Wisatawan lokal melewati Jembatan Rawa Gayonggong jalur pendakian menuju Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Cibodas, Jawa Barat, Sabtu, 15 Desember 2012. TEMPO/Subekti.

SUKABUMIUPDATE.com - Tak cukup rasanya kalau cuma satu hari saja berwisata di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Sebab ada banyak tempat wisata yang menyajikan keindahan panorama alam, salah satunya Gunung Tumpeng di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Apabila berkunjung ke Gunung Tumpeng disarankan pada waktu sore dalam keadaan cuaca cerah. Sebab, Gunung Tumpeng ini menjadi lokasi favorit bagi pengunjung untuk berburu sunset.

Untuk menuju Gunung Tumpeng patokannya adalah Kantor Desa Girimukti. Dari kantor desa ini jaraknya sekitar 5 - 6 kilometer. Karena patokannya kantor desa, maka ada dua rute yang bisa dilalui. Pertama bisa melalui jalan provinsi ruas Palangpang - Puncak Darma kemudian jalan kabupaten ruas Ciemas- Girimukti. Apabila sudah sampai di Kantor Desa Girimukti lanjutkan perjalanan melewati jalan kabupaten ke Kampung Cimanggu tempat Gunung Tumpeng itu berada.

Menurut warga, Rudiana, tempat itu banyak dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu atau tanggal merah lainnya. Tak hanya warga Ciemas saja, ada juga wisatawan dari luar daerah.

"Mereka sengaja ingin menyaksikan matahari tenggelam atau sunset. Biasanya Sunset akan terlihat sempurna pada pukul 16.00 - 17.00 WIB," ujar pria yang akrab disapa Dayat kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (10/4/2021).

Dayat mengatakan, untuk fasilitas lainnya memang belum ada. "Cuma ada lahan untuk parkir motor sama WC darurat saja," kata warga Kampung Pasir Salam RT 01/02, Desa Girimukti itu.

sukabumiupdate.com


BERITA TERKAIT