Perhatikan 5 Area Rawan Penularan Covid-19 di Kantor
SUKABUMIUPDATE.COM | 10/09/2020 14:21
Perhatikan 5 Area Rawan Penularan Covid-19 di Kantor

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak negara mulai melonggarkan aturan lockdown, termasuk membiarkan orang kembali bekerja di kantor dengan harapan mengembalikan roda perekonomian yang sempat berhenti akibat pandemi Covid-19. Kondisi ini menuntut masyarakat agar sangat berhati-hati dan menjalankan protokol kesehatan agar tak memuluskan penyebaran infeksi virus corona baru yang sangat menular ini.

Sebagian besar tempat kerja saat ini sedang dalam proses mengembalikan karyawan ke dalam gedung dengan menjalankan protokol keamanan dan kesehatan yang lebih ketat, termasuk penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan lain-lain. Namun demikian, para ahli percaya jika satu permukaan di wilayah kantor disusupi oleh virus corona, virus itu akan dapat menginfeksi sebagian besar tempat kerja dalam hitungan waktu yang singkat.

Jamban

Ini bukan tentang apa yang disentuh di jamban saja. Penggunaan masker di kamar mandi juga sangat penting karena aerosol yang menular dapat dibuat dengan menyiram jamban yang berisi kotoran orang yang terinfeksi Covid-19. Inilah sebabnya bahkan sebelum pandemi, beberapa toilet umum telah memasang sistem penutup untuk mencegah partikel memasuki udara yang dihirup oleh manusia. Partikel ini dapat melakukan perjalanan sekitar 1 meter dari toilet jika dibilas tanpa ditutup.

Tombol lift

Tombol lift dapat disentuh oleh ratusan hingga ribuan orang setiap hari tapi ancaman yang ditimbulkannya mudah dilupakan karena ukuran yang kecil dan telah menjadi kebiasaan sehari-hari. Sebagian orang mungkin mengenakan sarung tangan saat masa pandemi ini. Jika tidak, idealnya adalah membersihkan tangan sebelum dan sesudah menyentuh tombol lift.

Pegangan pintu

Gagang pintu menghadirkan masalah yang sama dan bahkan lebih menjadi masalah lagi pada bangunan-bangunan tua, yang mungkin tidak memiliki akses pintu otomatis dan tidak selalu dalam keadaan terbuka. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah kait pegangan yang belakangan marak muncul dijual agar tangan tak langsung memegang gagang pintu. Selain itu, mencuci tangan setelahnya juga menjadi hal yang harus dilakukan.

Mesin kopi

Tak hanya mesin kopi tapi ini berlaku untuk semua peralatan bersama yang ada di kantor, mulai dari keran, ceret, lemari es, atau microwave yang seringkali terlupakan potensi penyebaran virusnya. Jika perusahaan belum menunjuk pembersih penuh waktu untuk membersihkan peralatan setelah digunakan, maka setiap orang harus bertanggung jawab secara pribadi untuk melakukannya. Cuci atau bersihkan tangan sebelum dan setelah menggunakan peralatan bersama di kantor.

Ruangan terbatas

Penularan virus lebih mungkin terjadi saat berada di dalam ruangan, terutama di ruang-ruang terbatas seperti lift. Perusahaan harus membatasi jumlah orang yang diperbolehkan dalam ruangan kecil dan masker harus selalu dipakai. Selain itu, ventilasi yang memadai juga penting untuk mencegah udara stagnan yang dapat mengandung virus corona berkeliaran, kendati hal in menimbulkan tantangan penularan virus lain. Aliran udara yang dihasilkan oleh pendingin udara dapat memfasilitasi penyebaran tetesan virus dari yang terinfeksi.

sumber: tempo.co


BERITA TERKAIT