Gurih-gurih Kenyal, Kuliner Mata Lembu dari Ujunggenteng
SUKABUMIUPDATE.COM | 28/02/2020 20:17
Gurih-gurih Kenyal, Kuliner Mata Lembu dari Ujunggenteng

SUKABUMIUPDATE.com - Di kalangan masyarakat Pajampangan, terutama di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kuliner yang satu ini sudah tak asing lagi. Bahkan menjadi salah satu kuliner favorit karena kelezatan dan kekenyalannya.

BACA JUGA: Anak Capung Digoreng Renyah, Kuliner Ekstrem Getok dari Ciracap Sukabumi

BACA JUGA: Kuliner Ekstrem! Goreng Belalang Masih Favorit Warga Pajampangan Sukabumi

Lanjut Budiman, biasanya warga berburu mata lembu saat ombak surut, baik malam hari maupun pada waktu siang. Tidak ada alat khusus untuk mendapatkan Mata Lembu, selain dipungut atau dicokel karena seringkali menempel di batu karang. "Selain dikonsumsi sendiri, kalau hasil berburunya banyak, bisa dijual dengan harga Rp 15.000 per kilogram," kata Budiman.

Kuliner Mata Lembu olahan rumahan warga Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi yang sudah matang dan siap disantap. | Sumber Foto: Ragil Gilang

Sementara itu salah satu penikmat Mata Lembu asal Ciracap, Usman Kavien (40 tahun) menjelaskan, Mata Lembu bisa dimasak dengan cara ditumis, digoreng maupun dengan cara disate. "Tergantung selera, yang penting harus teliti dalam membersihkan bagian kotorannya," kata Usman.

BACA JUGA: Lobster Pasir Bakar, Hidangan Nikmat nan Kaya Rempah Khas Pantai Minajaya Sukabumi

Pertama-tama, kata Usman, Mata Lembu direbus sekitar 10 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan beberapa menit sampai dingin. Lalu keluarkan Mata Lembu dari cangkangnya, lalu dibersihkan dan dicuci kembali. Selanjutnya dipotong sambil siapkan bumbu-bumbu yang diperlukan.

BACA JUGA: Resep Rumahan Lobster Ala Warga Pesisir Ujung Genteng Sukabumi

"Untuk tumis bumbunya, bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai merah dan garam secukupnya, terus ditumbuk halus. Tuangkan dalam wajan yang sudah terisi minyak goreng panas, lalu masukan Mata Lembu yang sudah bersih. Sekitar lima menit baru masukan bumbu penyedap dan gula merah secukupnya. Proses sampai matang diperkirakan sekitar 15 menit hingga bumbu meresap ke daging Mata Lembu," katanya.


BERITA TERKAIT