Durian Gandaria Cikakak, Dagingnya Tebal Teksturnya Lembur, Harganya Bikin Elus Dada
SUKABUMIUPDATE.COM | 05/02/2020 17:40
Durian Gandaria Cikakak, Dagingnya Tebal Teksturnya Lembur, Harganya Bikin Elus Dada
Durian Gandaria Cikakak Sukabumi yang rasanya khas, namun harganya bikin elus dada. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini, hampir di sepanjang jalan kawasan objek wisata Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi berjejer para penjual durian. Bahkan pedagang yang berjejer mulai dari kawasan Warungkiara hingga ke Cisolok.

Dari sekian banyak jenis durian tersebut, ada satu durian lokal yang sudah terkenal seantero nusantara dan hingga saat ini masih menjadi unggulan dan buruan para penikmat durian. Apalagi kalau bukan Durian Gandaria dari Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Salah satu penjual Durian Gandaria Cikakak, Zaenal (39 tahun) menyebut, durian lokal itu kini bisa dibilang langka karena pojonnya masih terbatas dan harga durian yang satu ini juga lebih mahal ketimbang durian jenis lainnya.

Penjual Durian Gandaria Cikakak Sukabumi menunjukan buah durian unggulannya. | Sumber Foto: Nandi

"Harganya di kisaran Rp 500.000 per buah, dengan berat kira-kira 4-5 kilogram. Kalau yang kecil atau dibawah segitu harganya bervariasi, antara Rp 400.000 atau Rp 300.000 per buah," ujar Zaenal kepada sukabumiupdate.com, Kamis (30/1/2020).

Zaenal menjelaskan, Durian Gandaria memiliki bentuk yang agak sedikit berbeda dengan durian lainnya. Pada ujung tangkainya bersisik pecah-pecah. Berbeda dengan durian pada umumnya yang mulus, besar dan duri-durinya tidak terlalu tajam.

"Durian Gandaria rasa manisnya khas dan empuk. Dagingnya tebal dan tekstur dagingnya lembur. Dalam satu buah itu biji yang layak untuk ditanam paling cuma beberapa saja, itupun kalau tumbuh dan berbuah," lanjut Zaenal.

Ia menyebut, yang membuat Durian Gandaria Cikakak mahal adalah karena pasokannya yang langka dan perawatannya yang cukup sulit, serta tidak semua biji atau benih bisa dibudidayakan.

"Makanya Durian Gandaria ini langka buahnya. Pohon yang aslinya cuman satu, adanya di Kampung Cidadap, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak. Tahun ini pun buahnya kurang lebih dalam satu pohon itu ada 50 buah," pungkasnya.

SUKABUMIUPDATE.COM


BERITA TERKAIT