Renginang Wa Empon Jajaway Pelabuhanratu, Juara!
SUKABUMIUPDATE.COM | 15/09/2019 14:07
Renginang Wa Empon Jajaway Pelabuhanratu, Juara!

SUKABUMIUPDATE.com - Kuliner tradisional yang satu ini tak pernah lekang ditelan zaman. Namanya rengginang. Orang Sunda biasa menyebutnya Rangginang. Penganan renyah yang terbuat dari beras ketan. Bentuknya bulat, bisa disantap dalam suasana apapun.

BACA JUGA: Opak Pasekon, Citra Rasa Kuliner Khas Pajampangan Sukabumi

Di tangan Empon Rusnia (48 tahun), rengginang tersebut kini dibuat dengan kemasan yang lebih praktis. Empon juga menambahkan bumbu rahasia yang membuat rengginang terasa lebih gurih. Empon memberinya nama Rangginang Juara Asli Jajaway. Sekali mencoba, pasti ketagihan.

"Kalau dari cara pengolahan masih sama. Dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur di bawah panas matahari ini lalu digoreng panas dalam minyak goreng," ujar perempuan asal Kampung Badak Putih-Jajaway RT 05/09 Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi tersebut.

BACA JUGA: Renyahnya Keripik Rebung Produksi KWT Walagri Desa Waluran Mandiri Sukabumi

Empon mengaku sudah menggeluti usaha pembuatan Rangginang ini sejak 2018 lalu dan hasil olahannya dijual ke sejumlah toko di wilayah Palabuhanratu. Selain itu, rengginang dijual sendiri secara berkeliling.

"Sebelum dicetak menjadi rengginang, beras ketan dicuci hingga bersih dan direndam selama dua malam. Setelah itu beras ketan dikukus hingga matang sekitar 30 menit terus diangkat dan dicampur dengan bumbu yang sudah saya racik, terus dicetak pakai cetakan bambu. Kemudian dijemur selama dua hari sampai kering," tutur Empon.

BACA JUGA: Ikan Asin Kemasan, Oleh-oleh Khas Kampung Pamipiran Simpenan Sukabumi

Dalam setiap prosesnya, camilan tradisional tersebut dibuat dengan cara manual, tanpa menggunakan bahan kimia atau pengawet. Jadi, aman untuk dikonsumsi. Meski tanpa bahan pengawet, rengginang yang sudah kering bisa bertahan lebih dari setahun dan cocok buat oleh-oleh.

"Enggak pakai pengawet, tapi tahan lama. Rengginang ini juga bisa untuk oleh-oleh. Soal rasa dijamin renyah," pungkasnya.

BACA JUGA: Penikmat Cemilan Wajib Coba Kicimpring Aneka Rasa Favorit Masyarakat Pajampangan

Satu kemasan rengginang dijual dengan harga Rp 20.000 dengan isi 20 buah. Bagi yang penasaran dan ingin mencoba Rengginan Juara Asli Jajaway buatan Empon bisa datang langsung ke Kampung Badak Putih-Jajaway RT 05/09 Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.


BERITA TERKAIT