Keteguhan Tini Kasmawati, Tuna Netra Penjaga Owa Jawa di Hutan Lengkong
SUKABUMIUPDATE.COM | 19/02/2019 10:00
Keteguhan Tini Kasmawati, Tuna Netra Penjaga Owa Jawa di Hutan Lengkong
Tini Kasmawati (47 tahun) pelestari Owa Jawa asal Desa Lengkong, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Demmy Pratama

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak tahun 2014 silam, perempuan asal Kampung Cimaranginan, Desa Lengkong, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi berjuang menjaga dan melestarikan Owa Jawa. Perempuan tersebut adalah Tini Kasmawati (47 tahun), penjaga habitat owa jawa (Hylobates Moloch) di hutan Lengkong. 

Tini bertutur makin berkuranganya cadangan makanan di hutan membuat kawanan Owa Jawa ini mencari makan ke luar hutan. Alhasil, tak jarang Tini pun harus berurusan dengan petani yang marah ketika kebun buahnya diserang oleh segerombolan Owa Jawa yang dikenal dekat dengan Tini.

"Saya memberikan nama pada mereka, dan saya tau berapa jumlah mereka dan dimana saja mereka. Ketika saya panggil, mereka akan datang," sambung Tini.

Ia juga sempat sedih saat ada Owa Jawa yang mati pada bulan Desember 2018 lalu karena tersengat aliran listrik. Menurutnya, ada sekitar 40 Owa Jawa yang saat ini menyebar di area hutan produksi milik Perhutani di Kecamatan Lengkong.

Kawanan Owa Jawa tersebut menjadi keluarga besar Tini yang selalu ia perhatian keberadaannya. Bahkan ikatan batin antara Tini dan sekawanan Owa Jawa itu sudah sangat kuat. Hewan primata yang saat ini sudah diambang kepunahan akibat pembalakan hutan itu benar-benar berada dalam pengawasan Tini.

"Setelah lebih dari lima tahun saya konsen dan mengabdikan diri pada konservasi Owa Jawa, satu kali saya mendapat bantuan. Itu pun dari pemerintah desa, bukan dari pemerintah pusat atau balai penelitian," tegasnya.

Baca kisah lengkap Tini Kasmawati dalam menjaga Owa Jawa di SUKABUMIUPDATE.COM


BERITA TERKAIT