Vanesa Juara Kontes di Festival Durian Cikakak
SUKABUMIUPDATE.COM | 04/02/2019 09:20
Vanesa Juara Kontes di Festival Durian Cikakak
Durian Si Vanesa, juara kontes di Festival Duren Duren ke 2 Cikakak, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Festival durian kembali digelar di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Durian Si Vanesa keluar sebagai juara kontes, salah satu kegiatan dalam festival tersebut.

Terdapat beberapa kriteria penilaian dalam kontes durian itu. Diantaranya dari bentuk, ketebalan daging buah, dan rasanya. Selain Vanesa, varietas durian lain yang diikutsertakan dalam lomba diantaranya Si Awi, Si Madu, Keupeul, Belimbing, Si Hitam, Koclak, Silegit, Sake, Vanesa, si Bo, Via serta Si Asya.

BACA JUGA: DPRD Kabupaten Sukabumi: Festival Durian Durian 2 Cikakak Jadi Daya Tarik UGG

Ketua Panitia Festival Duren Cikakak, Usman Abdul Faqih, mengatakan festival tersebut adalah kali kedua diselenggarakan di Cikakak pada 2019 ini. Festival juga menghadirkan varietas durian Sukabumi dari wilayah lain. Diantaranya dari Kecamatan Palabuhanratu, Surade, Cisaat, Cikidang, dan Cisolok.

"Ini akan menjadi festival tahunan untuk mendongkrak pariwisata di Kabupaten Sukabumi," ujar Usman di lokasi festival yang diselenggarakan di area Objek Wisata Batu karut, Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu, Jumat (1/2/2019).

BACA JUGA: Berawal dari Festival Kecamatan, Durian Cikakak Sukabumi Menuju Level Nasional

Usman menjelaskan, Kabupaten Sukabumi memiliki banyak varietas durian unggulan yang tidak kalah dengan dari luar. Nantinya varietas yang menjuarai kontes akan dibudidayakan dan ditanam di sejumlah wilayah penghasil durian di Kabupaten Sukabumi.

"Kita bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi. Varietas durian yang menjuarai kontes nantinya akan disebar agar jumlahnya tetap terjaga.  Penikmatnya bisa menikmati dengan aman," pungkasnya.

SUKABUMIUPDATE.COM


BERITA TERKAIT