Sensasi Naik Gondola di Ketinggian Jurang Merapi
JOGLOSEMARNEWS.COM | 08/03/2022 19:38
Sensasi Naik Gondola di Ketinggian Jurang Merapi

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Wisata alam menjadi salah satu pilihan untuk menjalani liburan terutama di akhir pekan. Wahana Gondola di Kampung Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten ini bisa menjadi pilihan. Dari gondola yang berada di atas ketinggian jurang Merapi, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang eksotik.

Gondola ini terbentang sepanjang 130 meter dengan ketinggian 150 meter dari dasar jurang. Wahana gondola ini berada bersebelahan dengan jembatan Girpasang.

Jembatan Girpasang merupakan jembatan penghubung Kampung Girpasang dengan Kampung Beringin yang diresmikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Bupati Klaten Sri Mulyani dan Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita pada Kamis, (20/1/2022) lalu.

Kampung Girpasang sendiri merupakan sebuah kampung yang berada di antara jurang dan perbukitan yang jaraknya sekitar 4 Km dari puncak Gunung Merapi. Sehingga udaranya begitu dingin dan sejuk dengan pemandangan panorama alam yang luar biasa.

Untuk dapat menaiki gondola, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 60 ribu untuk 4 orang penumpang pulang pergi.

Perjalanan diawali dari Kampung Bringin menuju Kampung Girpasang. Wisatawan akan disuguhi pemandangan alam nan hijau yang dapat dilihat dari berbagai sisi. Bahkan bisa melihat langsung ke bagian bawah yang merupakan dasar jurang. Dengan gondola, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 5 menit. Maka jika pulang pergi akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Usai menyeberang menaiki gondola, pengunjung dapat berfoto-foto di depan tulisan Kampung Girpasang Desa Tegalmulyo. Selanjutnya mereka dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju rumah-rumah warga di Kampung Girpasang. Wisatawan juga bisa menikmati aneka kuliner khas di kampung terpencil tersebut. Wisata Gondola dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegalmulyo.

“Selama perjalanan dengan menggunakan gondola itu wisatawan bisa melakukan foto selfie. Sedangkan untuk pembelian tiket naik gondolanya kami hanya melayani dari pukul 8 hingga 17 WIB," ungkap Tarju, operator Gondola.

Tarju memastikan gondola yang dibangun dengan dana desa sekitar Rp 180 juta itu aman untuk digunakan. "Sudah ada asuransinya juga,” tegas Tarju.

joglosemarnews.com


BERITA TERKAIT