Kampung Batik Ada di Beberapa Kota Ini
JOGLOSEMARNEWS.COM | 02/10/2021 13:52
Kampung Batik Ada di Beberapa Kota Ini
Motif batik Jakarta di Rumah Batik Palbatu, Jakarta Selatan, Kamis, 1 Oktober 2020. Pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional setelah UNESCO mengakui batik sebagai karya agung warisan budaya manusia dan lisan pada tahun 2009 silam. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Indonesia memperingati Hari Batik Nasional, Sabtu (2/10/2021) ini. Sebagaimana diketahui, peringatan Hari Batik Nasional dimaksud untuk terus melestarikan warisan budaya.

Setiap kali peringatan hari batik, biasanya masyarakat dari berbagai kalangan diminta mengenakan batik.

Kain batik sendiri sudah mendunia sejak beberapa tahun lalu karena motifnya yang beragam dan filosofi yang mendasarinya.

Jika dulu batik hanya digunakan untuk acara-acara tertentu, kini batik dapat digunakan berbagai kalangan dengan model yang lebih kekinian.

Untuk lebih mengenal batik-batik di Indonesia kamu bisa berkunjung ke beberapa kampung batik di beberapa kota di Indonesia.

Berwisata ke kampung batik dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang batik dan tentu saja dapat melihat proses pembuatan batik hingga terbentuk motif yang menakjubkan. Dilansir dari tempo.co, berikut beberapa kampung batik yang ada di Indonesia.

Kampung Batik Laweyan, Solo

Laweyan menjadi salah satu pusat batik tertua yang ada di Solo. Dilansir dari situs resmi pariwisatasolo.surakarta kampung batik ini memiliki luas 24.83 hektar. Hingga saat ini sudah ada 250 motif batik khas Laweyan yang sudah dipatenkan.

Gaya arsitektur kampung batik Laweyan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bangunan rumahnya dipengaruhi perpaduan gaya Jawa, Eropa, Cina, dan Islam. Di sini wisatawan dapat menikmati paket wisata workshop membuat batik.

Kampung Batik Palbatu, Jakarta

Kampung batik juga ditemukan di kota metropolitan seperti Jakarta. Wisata kampung batik ini memberikan pengalaman berwisata yang unik dan menarik. Di sini pengunjung bisa memilih dan membeli kain batik dengan berbagai corak.

Tak hanya itu, kampung batik Palbatu pernah mendapat penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena dekorasi tembok sepanjang 134meter dengan cat batik.

Kampung Batik Ngasem, Yogyakarta

Yogyakarta juga terkenal dengan produk fashionnya, salah satunya batik. Di kampung batik Ngasem pengunjung dapat memilih motif batik yang disukai. Ada berbagai jenis motif dan jenis batik mulai dari printing hingga buatan tangan. Kampung batik Ngasem bisa menjadi pilihan destinasi saat berlibur ke Jogja.

Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Dilansir dari tempo.co kampung batik Trusmi di Cirebon ini memiliki lebih dari 3000 pengrajin batik. Pengunjung dapat memilih batik yang mereka sukai. Selain itu, mereka juga bisa melihat proses membatik dan membuat batik sendiri dengan alat yang sudah disediakan. Wisata ini cocok untuk wisata edukasi.

Kampung Batik Wiradesa, Pekalongan

Di Pekalongan juga terdapat wisata kampung batik bernama kampung batik wiradesa. Di sepanjang jalan KH Hasyim Asy’ari pengunjung dapat melihat deretan toko batik di kanan dan kiri jalan. Desa Kemplong yang berada di sini memiliki usaha batik yang sudah berdiri ratusan tahun.

Nah, itu adalah beberapa kampung batik yang ada di Indonesia. Tentu saja masih banyak kampung batik lainnya. Sudah menyiapkan baju batikmu untuk merayakan Hari Batik Nasional?

joglosemarnews.com


BERITA TERKAIT