Islam di Flores Disebarkan Pertama Kali Oleh Sultan Menanga dari Persia
FLORESPOST.CO | 18/09/2018 11:10
Islam di Flores Disebarkan Pertama Kali Oleh Sultan Menanga dari Persia
Ustad Sunarjo Patinegara

FLORESPOST.co, Larantuka – Sultan Syahbudin bin Ali bin Salman Al Farisi dari Mananga, Pulau Solor di Kabupaten Flores Timur, yang kemudian dikenal dengan sebutan Sultan Menanga adalah sultan yang pertama kali membawa misi penyebaran agama Islam di NTT.

Demikian disampaikan Ustad Sunarjo Patinegara pada saat memberikan sambutannya menamai pondok pesantren Madinatunnajah Kesultanan Menanga dan peletakan batu pertama akan dibangunnya Masjid Al-Farisi yang dilakukan oleh Wakil Bupati Flotim Agustinus Payong Boli, Minggu (16/9/2018).

Baca juga: Wabup Flotim Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid

"Kesultanan Menanga pernah ada di NTT dan lahir dari Menanga, Solor Timur. Dengan Sultan pertamanya Sultan Syahbudin bin Ali bin Salman Al Farisi," kata dia. Ustad Sunarjo menambahkan, Syahbudin bin Ali bin Salman Al Farisi dari Persia singgah di Palembang dan singgah di Menanga dan menjadi Sultan pertama di Kesultanan Menanga. "Untuk mengenang sang begawan yang datang dari negri Persia maka Masjid dan pesantren kami namai Masjid Al-Farisi dan Pondok Pesantren Madinatunnajah Kesultanan Menanga," ujarnya.

Baca juga: Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Tower dan BTS, Ini Harapan Bupati Flotim

Untuk itu Ia berharap dengan inspirasi yang telah diberikan sang Sultan maka para pemuda diajak untuk cakap akan pengetahuan agama di samping pengetahuan alam dan ekonomi yang menopang kehidupannya. "Pengetahuan agama akhir-akhir ini jauh dari yang kita harapkan, maka diharapkan untuk kita semua ikhlaskan doa semoga ada keberkahan yang muncul dari tanah ini," harapnya.

FLORESPOST.CO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT