4 Tip Liburan ke Labengki Sulawesi Tenggara ala Darius-Donna
TEMPO.CO | 14/09/2018 19:30
Pasangan Darius Sinathrya dan Donna Agnesia menikmati liburan di Kepulauan Labengki, Sulawesi Tenggara. (Instagram darius_sinathrya)
Pasangan Darius Sinathrya dan Donna Agnesia menikmati liburan di Kepulauan Labengki, Sulawesi Tenggara. (Instagram darius_sinathrya)

TEMPO.CO, Jakarta -Pasangan Darius Sinathrya dan Donna Agnesia tengah berlibur berdua dengan pilihan destinasi yang tergolong berbeda dari kebanyakan selebritas umumnya. Mereka memilih Kepulauan Labengki Besar yang berada di Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Hal ini terlihat dari foto-foto yang diunduh Darius hari ini, 14 September 2081 di Instragramnya.

Destinasi ini tidak setenar Wakatobi, meski sama-sama berada di Sulawesi Tenggara. Sedangkan soal keindahannya mirip dengan Raja Ampat, Papua. Bahkan kerap disebut sebagai Raja Ampat min. Terdiri dari pulau-pulau kecil, sebagian besar berupa pulau karang. Sehingga kumpulan pulau ini selintas memang mirip sekali dengan gugusan pulau di Misool.

Namun untuk mencapai Kepulauan Labengki Besar ini memang perlu persiapan dan waktu liburan cukup lama. Bila ingin berlibur seperti pasangan ini, bisa disimak tip berikut ini.

1. Rute ke Kendari

Meski bisa juga memilih rute penerbangan ke Makassar, selain Kendari, tapi kebanyakan wisatawan memilih terbang ke ibukota Sulawesi Tenggara, ketimbang Makassar. Dari Bandara Haluoleo dilanjutkan perjalanan darat ke Desa Toli-toli sekitar 2 jam dengan kendaraan roda empat.

Pasangan Darius Sinathrya dan Donna Agnesia berlibur di Kepulauan Labengki, Sulawesi Tenggara. (Instagram darius_sinatrya)

2. Perjalanan dengan speedboat 2-4 jam 

Dari Desa Toli-toli lah penyeberangan ke Kepulauan Labengki Besar bisa dilakoni. Sebaiknya tidak berangkat terlalu sore agar perjalanan lebih mulus. Semakin sore ombak lebih kerap muncul. Perjalanan memakan waktu 2 hingga 4 jam tergantung kondisi cuaca.

Sewa speedboat bisa ditanyakan langsung ke pihak cottage yang telah dipesan. Biasanya pihak hotel menyediakan transportasi dari Toli-toli menuju Labengki.

3. Waktu penyeberangan

Waktu terbaik untuk menyeberang menuju Labengki Besar adalah sebelum pukul 12.00. Dalam cuaca bagus di mana ombak tidak terlihat menggulung-gulung, perjalanan berkisar antara 2-2,5 jam.  Bila sore hari, penumpang bisa diajak menari-nari oleh ombak sepanjang perjalanan. Hingga baru tiba di Labengki  setelah 3,5-4 jam berperahu. 

4. Sepatu untuk Trekking

Trekking menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Labengki. Melangkah  di jalur sederhana dalam 20-30 menit saja, wisatawan sudah bisa melihat gugusan pulau-pulau di laut yang tenang. Termasuk juga mencermati  Teluk Cinta membentang berupa lekuk serupa hati. Ada banyak jalur trekking yang bisa dijajal karena itu siapkan sepatu yang nyaman. Jadi tak hanya perlengkapan untuk bermain di air laut saja yang disiapkan. Kalau soal bermain di laut sudah pasti tak tertahankan karena Labengki mempunyai perairan dengan warna biru toska nan jernih. Bagaimana siap berbulan madu kedua ke Labengki, Sulawesi Tenggara? 

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT