Fobia Pria Takut pada Wanita Cantik, Tilik Sebabnya
TEMPO.CO | 04/09/2018 15:38
Ilustrasi pria konsultasi dengan Psikolog. shutterstock.com
Ilustrasi pria konsultasi dengan Psikolog. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Venustraphobia juga dikenal sebagai Caligynephobia atau Calligyniaphobia, erat kaitannya dengan Gynephobia atau Gynophobia, yakni perasaan takut atau fobia terhadap wanita, tepatnya ketakutan pria pada wanita yang dianggap menarik atau cantik.

Baca juga: Sering Diare Saat Hujan? Mungkin Anda Pluviophobia, Apa Itu?

Jenis fobia ini mempengaruhi hidup pria, di mana pria merasakan ketakutan yang intens berada di sekitar wanita cantik. Bahkan hingga membuat pria tidak ingin terlibat secara aktif dengan wanita.

Venustraphobia menimbulkan rasa takut yang ekstrem pada diri pria hingga sampai mempengaruhi perilaku dan kehidupan sosial, pribadi, dan profesionalnya.

ilustrasi pria (pixabay.com)

Apa itu Venustraphobia?

Venustraphobia adalah portmanteau (gabungan kata) dari kata Venus dan Trap, mengacu pada tanaman penangkap lalat Venus dan fobia, yang berarti ketakutan. Secara ilmiah, Venustraphobia disebut Caligynephobia. Istilah ini menggabungkan tiga kata Yunani, yakni Cali yang berarti kecantikan, Gyne yang berarti wanita, dan Phobos yang berarti ketakutan. Kurang lebih memiliki makna takut wanita cantik.

Penyebab Venustraphobia

Banyak psikolog percaya bahwa fobia sering muncul akibat atau dari kejadian traumatis yang dialami seseorang di usia dini. Kekerasan seksual, fisik, atau verbal, hubungan yang gagal atau penolakan, atau perundungan, semua itu dapat menjadi akar penyebab fobia, termasuk Venustraphobia.

Baca juga: 11 Ciri Pria Pemalu Mendekati Wanita

Rasa rendah diri, rasa malu, takut akan penolakan, rasa tidak aman, harga diri yang rendah, masalah kepercayaan diri, dapat semakin memperparah fobia ini. Orang yang menderita Caligynephobia umumnya merasa takut dipermalukan, dihina, dan dikritik dalam situasi sosial. Fobia sosial semacam itu mendalam dan bisa muncul hanya dengan melihat wanita cantik.

Saat penderita fobia ini melihat wanita cantik, beberapa tanda dan gejala akan muncul, seperti merasakan kecemasan, sesak nafas, nafas cepat, detak jantung tidak teratur, takut kehilangan kendali, mual, mulut kering, ketidakmampuan mengartikulasikan kata dan kalimat, serta berkeringat secara berlebih.

Cara Mengatasi Venustraphobia

Karena kebanyakan fobia adalah kondisi yang berbasis psikologis, perawatan untuk setiap orang akan bervariasi sesuai dengan kondisi jiwa atau mental mereka. Pendekatan utama untuk menentukan akar penyebab ketakutannya adalah dengan konseling. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan melakukan pelatihan keterampilan sosial, hipnoterapi, pemrograman Neuro-Linguistik, terapi pemaparan atau teknik meluapkan atau mencurahkan, desensitisasi dan psikoterapi kognitif-perilaku.

Meskipun Venustraphobia langka keberadaannya dan termasuk unik di antara berbagai jenis fobia lainnya, jika tidak ditangani dapat membuat pria sangat tertekan dan merasa tidak nyaman. Bimbingan, pengertian, cinta, dan dukungan dari orang dekat dan terkasih dapat membantu penderita Venustraphobia mengatasi fobianya.

PSYCHOLOGENIE | RELATIONSHIPPSYCHOLOGY 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT