Kupu-kupu Tak Cuma Cantik tapi Juga Identik Mitos, Apa Saja Itu?
TEMPO.CO | 26/08/2018 20:33
Model Jessie melihat kupu-kupu saat berpose ketika berada di Kebun Wisley di Inggris, 12 Januari 2018. Lebih dari 50 spesies kupu-kupu  eksotis menghuni zona tropis Glasshouse di Kebun Wisley. AP
Model Jessie melihat kupu-kupu saat berpose ketika berada di Kebun Wisley di Inggris, 12 Januari 2018. Lebih dari 50 spesies kupu-kupu eksotis menghuni zona tropis Glasshouse di Kebun Wisley. AP

TEMPO.CO, Jakarta - Hidup kita mungkin diiringi kepercayaan tentang sesuatu yang belum tentu selalu benar alias mitos. Salah satunya yang melibatkan serangga cantik bersayap, kupu-kupu.

Mitos tentang kupu-kupu tak hanya berkembang di Indonesia, namun juga di beberapa negara lain. Apa saja mitos terkait mahluk pengisap madu ini.

Baca juga:
Ternyata, Cinta pada Pandangan Pertama Cuma Mitos
4 Mitos Kecantikan yang Bikin Perempuan Terkecoh
Tidur Cantik Mitos atau Fakta? Simak Penjelasan Ahlinya
Ternyata, 3 Mitos soal Daging Kambing dan Kesehatan Ini Keliru

#Pertanda ada tamu
Banyak yang percaya kalau ada kupu-kupu yang masuk rumah tandanya akan ada tamu yang datang. Kepercayaan ini tak cuma ada di Indonesia namun juga negara-negara di Eropa.

Kita konon bisa mendeteksi tamu yang akan datang dengan memperhatikan bentuk serta warna kupu-kupu yang datang ke rumah. Jika kupu-kupu yang masuk berwarna cantik, maka yang datang adalah orang yang berniat baik.

Kalau yang masuk rumah adalah kupu-kupu yang hitam atau berbentuk jelek, maka yang datang kemungkinan bukan tamu yang baik. Jika kupu-kupu yang datang hinggap atau mengelilingi tubuh si pemilik rumah, maka yang datang adalah orang dekat seperti sahabat, saudara, atau pacar.

Kupu-kupu Queen Alexandra. shutterstock.com

#Pembawa keberuntungan
Mitos kupu-kupu sebagai pembawa keberuntungan banyak dipercaya oleh orang-orang di Jepang. Bahkan di negara Matahari Terbit tersebut banyak orang yang memelihara, merawat, bahkan mengawetkan kupun-kupu yang memiliki warna sayap indah.

Awetan kupu-kupu itu kemudian diletakkan di rumah untuk membawa keberuntungan bagi penghuninya. Kupu-kupu juga diletakkan di kantor atau tempat usaha karena dipercaya bisa mempelancar bisnis dan keuangan.

TEEN

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT