Pembukaan Asian Games 2018 Dianggap Setara dengan Acara Olimpiade
TEMPO.CO | 19/08/2018 13:45
Upacara pembukaan Asian Games ke-18, 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu, 18 Agustus 2018. OLYMPIC COUNCIL OF ASIA/AMS/REUTERS
Upacara pembukaan Asian Games ke-18, 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu, 18 Agustus 2018. OLYMPIC COUNCIL OF ASIA/AMS/REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Pembukaan Asian Games 2018 mendapat sambutan baik dari masyarakat Indonesia dan juga dunia. Acara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung meriah semalam di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu 18 Agustus 2018. Tanggapan positif mengalir dari banyak masyarakat melalui media sosial. Berbagai pesohor tanah air mulai dari Anggun C. Sasmi, Joey Alexander turut meramaikan pembukaan kejuaraan empat tahunan terbesar di Asia itu. Layaknya multievent olahraga bertaraf internasional, Opening Ceremony memang menjadi sajian pembuka yang sangat dinantikan mengingat persiapan juga sudah lama dilakukan.

Baca: Cantiknya Anggun C. Sasmi di Pembukaan Asian Games 2018

Kehadiran Joey Alexander tentunya termasuk yang sangat dinanti. Ia menjadi salah satu pengisi pada upacara pembukaan. "Intinya, kami akan angkat elemen keragaman agar Indonesia bisa jadi simbol Energy of Asia. Joey sendiri adalah salah satu bukti bahwa pancaran Energy of Asia, khususnya Indonesia, dapat mencapai nominasi Grammy Awards yang memiliki standar sangat tinggi bagi setiap musisi, apa lagi mengingat umur Joey yang masih sangat muda ini,” tutur Wishnutama, Creative Director Opening & Closing Asian Games 2018.

Musikus lainnya seperti Tulus, Raisa, Via Vallen, Ariel NOAH, Rossa, Rian D'Masiv, Cakra Khan, Rinni Wulandari, Wizzy, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, dan Kamasean turut hadir menambah semarak momen langka, kembalinya Indonesia menjadi tuan rumah bagi helatan acara olah raga terbesar se-Asia ini.

Salah satu media di Korea Selatan, Insight, menulis headline dengan judul yang sudah diterjemahkan yakni ‘Presiden Indonesia Datang Menggunakan Sepeda Motor dan Hadir di Pembukaan Asian Games’. Insight juga menampilkan sejumlah cuplikan gambar Jokowi tengah naik motor gede yang ditampilkan di video seremoni pembukaan Asian Games. Begitupun dengan foto ketika Jokowi tiba di Stadion GBK. “Motor Joko Widodo menjadi perhatian dengan beragam aksi ekstrem yang memukau. Dia menggunakan helm hitam dan sempat berhenti ketika ada siswa sekolah yang menyeberang,” begitu salah satu isi dari artikel yang ditulis Insight, Sabtu 19 Agustus 2018.

Selain itu, media asal China, Xinhua juga mencuit aksi ketika Jokowi tiba dengan moge hitamnya di Stadion GBK. Aksi Jokowi disebut sebagai aksi yang keren. “Cool! Indonesian President @jokowi riding a motorcycle into the spectacular opening ceremony of #AsianGames2018 (Keren! Presiden Indonesia @jokowi naik motor ke pembukaan spektakuler Asian Games 2018),” tulis Xinhua Sports (@XHSports).

Di media sosial, pujian pun terus mengalir. @bakabaek pun menuliskan bahwa sayang sekali hanya orang Asia yang bisa menikmati upacara pembukaan Asian Games. Padahal menurut mereka, alangkah baiknya pertunjukan pembukaan Asian Games yang setara dengan Olimpiade Dunia itu bisa dinikmati oleh warga dunia. "Its such a shame that Asians are the only ones enjoying this opening ceremony. They really paid a lot of attention for this and its such an Olympics-level opening ceremony. It’d be nice to be able to show this to the whole world #AsianGames #ASIANGAMES2018

Baca: Jokowi Puji Kontingen Gabungan Dua Korea di Asian Games 2018

Hal sama disayangkan akun @haetbits. Akun @haetbits juga menyayangkan pembukaan Asian Games hari ini hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Asia. Menurutnya akan lebih baik bila pertunjukan itu dinikmati oleh semua warga di dunia. "it's too bad that today's indonesia asian game opening ceremony can only be enjoyed by asians. this is olympic's scale! it felt like there was a lot of preparations and very sincere, it would be better if people around the world could see it."

REKOMENDASI BERITA