Skor 13 - 0 untuk Gula Merah Vs Gula Pasir
TEMPO.CO | 30/06/2018 11:00
Skor 13 - 0 untuk Gula Merah Vs Gula Pasir
Ilustrasi Gula Semut. wikipedia.org

TEMPO.CO, Jakarta - Semua orang pasti ingin menurunkan berat badan, terutama para remaja yang ingin terlihat tampil sehat dan memiliki bentuk tubuh yang bagus. Namun, rata-rata kita tidak mengetahui makanan dan nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi saat sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Jika ingin memiliki bentuk badan yang bagus, pertama-tama Anda harus menanamkan empat hal penting ini dalam diri, yakni kesabaran, dedikasi, komitmen, dan tekad yang kuat. Fokuslah pada makanan sehat dan membakar lemak. Salah satu yang harus Anda campurkan dalam daftar nutrisi baik tersebut adalah gula merah

Buatlah minuman hangat dengan campuran gula merah untuk diminum saat perut masih kosong karena minuman ini dianggap sebagai minuman pembakar lemak terbaik untuk mengurangi lemak perut lebih cepat.

Artikel lain:
Bunda, Ini Pentingnya Mengurangi Asupan Gula Selama Kehamilan
Ayo Kurangi Konsumsi Gula dan Rasakan 6 Manfaatnya

Gula merah adalah pemanis alami dan alternatif yang lebih sehat untuk gula olahan. Gula merah mengandung sumber zat besi, kalium, vitamin, dan mineral penting lain, yang semuanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut adalah 13 manfaat gula merah untuk menjaga kesehatan tubuh:

1. Turunkan berat badan
Gula merah memiliki kadar potasium yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme, mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh, dan juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga akan membakar lebih banyak kalori. Mengonsumsi gula merah dengan jumlah memadai dan terkontrol dapat membantu menurunkan berat badan.

Anda dapat mengkonsumsi gula merah dalam banyak cara. Setelah makan, Anda bisa mengonsumsi gula merah untuk melancarkan pencernaan. Anda juga bisa mencampurkannya dengan air lemon hangat untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi bisa membalikkan manfaat kesehatannya. Hanya sepotong kecil gula merah yang perlu dikonsumsi.

2. Membantu kinerja pencernaan
Gula merah mencegah gangguan pencernaan dan makanan ini umumnya direkomendasikan untuk orang yang mengalami sembelit. Mengonsumsinya akan meningkatkan proses pencernaan dalam tubuh dan membantu fungsi sistem pencernaan. Jadi, ketika Anda mengalami gangguan pencernaan, konsumsilah gula merah.

3. Membersihkan aliran darah
Gula merah memiliki efek yang positif pada aliran darah dengan memurnikan dan membersihkan darah bila dikonsumsi secara teratur. Gula merah juga meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut jelas akan mencegah penyakit yang disebabkan oleh gangguan darah.

4. Meredakan masalah kesehatan saat menstruasi
Gula merah adalah obat alami yang efektif untuk banyak masalah menstruasi. Selama menstruasi, jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi gula merah, hal tersebut akan efektif meredakan kram saat menstruasi dan sakit perut. Kandungannya akan membantu melancarkan aliran darah dan membuat Anda merasa nyaman.

5. Mencegah anemia
Gula merah kaya zat besi dan folat yang dapat membantu mencegah anemia dengan mempertahankan kadar normal sel darah merah. Gula merah juga menghasilkan energi dan mencegah kelelahan, juga rasa lemas dari tubuh yang merupakan gejala umum anemia.

6. Mencegah gangguan sistem saraf
Gula merah mengandung bahan-bahan alami yang membantu kelancaran fungsi sistem saraf. Gula merah juga membantu mencegah masalah utama yang terkait dengan sistem saraf. Mengonsumsinya dapat membantu individu untuk tetap normal dan sehat.

7. Mencegah masalah pernapasan
Mengonsumsi gula merah secara teratur dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis. Pakar kesehatan menyarankan menggabungkan gula merah dengan biji wijen dapat bermanfaat untuk sistem pernapasan. Gula merah mengandung sifat yang membantu dalam mengatur suhu tubuh.

8. Mengandung antioksidan
Gula merah mengandung antioksidan, terutama selenium yang membantu mencegah berbagai efek radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat menunda tanda-tanda penuaan. Campuran gula merah dengan teh atau air hangat akan mengobati pilek dan batuk serta akan menyembuhkan migrain dan sakit kepala.

9. Meredakan nyeri sendi
Jika Anda menderita nyeri sendi, makan gula merah. Menurut para ahli, mengonsumsi gula merah dengan sepotong jahe akan membantu meringankan nyeri sendi. Meminum segelas susu hangat dengan satu sendok makan gula merah juga akan membantu memperkuat tulang.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh
Gula merah kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan dan kandungannya akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh kuat, semakin kecil kemungkinannya terkena infeksi dan penyakit. Gula merah mengandung seng dan selenium yang dapat mencegah kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh stres oksidatif.

11. Membantu mengatasi masalah urine
Gula merah adalah diuretik alami dan membantu dalam merangsang untuk buang air kecil, yang sebenarnya bagus untuk orang yang mengalami kesulitan dalam buang air kecil. Gula merah juga dapat membantu menurunkan peradangan kandung kemih. Para ahli merekomendasikan minum gula merah dengan susu panas untuk mengobati masalah kencing dan ini meningkatkan aliran urine.

12. Meningkatkan kualitas sperma
Mengonsumsi gula merah dicampur dengan bubuk amla dapat membantu dalam peningkatan kualitas sperma. Gula merah dikenal untuk meningkatkan produksi sperma dan juga membantu dalam mengurangi masalah kelemahan tubuh serta mencegah masalah kencing pada pria.

13. Sumber energi yang baik
Gula merah adalah makanan karbohidrat kompleks, sedangkan gula adalah karbohidrat sederhana. Gula merah akan memberikan energi ke tubuh untuk waktu yang lebih lama dan kadar gula darah tidak akan naik. Itulah alasan mengapa Anda harus menukar gula biasa dengan gula merah untuk minum teh atau kopi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT