Libur Lebaran ke Atlantis Ancol? Pengunjung Harus Tes GeNose Dulu
TEMPO.CO | 11/05/2021 06:13
PT Pembangunan Jaya Ancol meluncurkan wahana terbaru 'Dragon Slide' di Atlantis Water Adventures, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, 7 Januari 2016.  TEMPO/Dini Teja
PT Pembangunan Jaya Ancol meluncurkan wahana terbaru 'Dragon Slide' di Atlantis Water Adventures, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, 7 Januari 2016. TEMPO/Dini Teja

TEMPO.CO, Jakarta - Pada masa libur Lebaran, Taman Impian Jaya Ancol tetap buka. Namun taman hiburan di ibu kota itu akan menerapkan tes GeNose C-19 khususnya bagi pengunjung wahana air Atlantis.

Vice President Sea World, Ocean Dream Samudra dan Atlantis Rika Sudranto mengatakan tes GeNose itu diperlukan untuk memastikan setiap pengunjung dalam kondisi negatif Covid-19 sebelum menikmati wahana air tersebut. "Jadi bukan hanya kereta atau pesawat saja yang menerapkan tes nanti, tapi kami juga akan memastikan bahwa mereka yang masuk Atlantis sudah tidak ada orang tanpa gejala (OTG) atau apapun," kata dia, Senin, 10 Mei 2021.

Menurut Rika, tes itu bertujuan agar pengunjung juga tidak khawatir saat masuk wahana itu. Sebab, saat berenang atau menikmati atraksi yang ada di sana berpotensi terjadi kerumunan, sedangkan tidak mungkin meminta pengunjung menggunakan masker di wahana air itu.

"Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, tidak cukup hanya menjaga baku mutu air yang digunakan sebagai pemandian dan kolam renang," kata Rika.

Selain itu, untuk mencegah penularan, pengelola menerapkan pembatas bagi pengunjung yang akan masuk dan keluar dari setiap area kolam renang Atlantis Ancol menggunakan tali. Pengelola juga sudah memasang monitor televisi yang menampilkan teks berjalan (running text) yang menampilkan data pengunjung yang masuk dan yang keluar dari area wahana tersebut.

"Misalnya Sea World kan sekitar 3.500 (orang) kapasitasnya. Itu juga enggak boleh penuh. Kami punya running text di depan (pintu masuk)-nya yang menyatakan bahwa oh ternyata (jumlah pengunjung) 700 orang. Ya sudah langsung tutup (tidak boleh lewat dari 700 orang)," kata Rika.

Rika mengatakan pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Atlantis sebesar Rp 105 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk biaya GeNose. Jika ada pengunjung yang ternyata positif saat tes, maka Ancol akan segera berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat dan dilakukan pengantaran pasien positif tersebut dengan ambulans.

Baca juga: Tak Hanya di YIA, Layanan GeNose juga Tersedia di Bandara Adisutjipto Yogyakarta


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT