3 Stresor yang Bikin Kulit Terlihat Menua dalam semalam
TEMPO.CO | 09/05/2021 08:00
Ilustrasi kulit cerah. Shutterstock
Ilustrasi kulit cerah. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Pernahkah Anda terbangun, melihat ke cermin, dan merasa seperti kulit Anda telah menua dalam semalam? Ini adalah momen yang mengejutkan, untuk merasakan seolah-olah cahaya awet muda Anda hilang. Mungkin cukup dengan membeli asam atau retinol terkuat yang tersedia — dan bahkan mungkin membuat janji dengan dokter kulit masalah akan selesai.

Tapi seperti yang dikatakan ahli kecantikan holistik Hayley Wood dalam episode Clean Beauty School baru-baru ini, mungkin sebagian besar dari kekhawatiran itu sia-sia belaka. Sebaliknya, katanya, mungkin ada beberapa penyebab lain yang harus dilihat terlebih dahulu — dan mungkin mengambil waktu sebelum Anda melakukan sesuatu yang dramatis.

Melihat perubahan kulit dari waktu ke waktu adalah hal yang alami, tak terhindarkan. Itu penanda kehidupan yang dijalani. Tetapi tanda-tanda penuaan yang lebih tiba-tiba (atau setidaknya yang kita anggap sebagai tiba-tiba) sering kali mengganggu.

"Hilangnya identitas masa muda bisa jadi benar-benar berdasarkan rasa takut dan dapat menyebabkan banyak pembicaraan-diri-sendiri yang negatif. Saya melihat itu sepanjang waktu," kata Wood, seperti dilansir dari laman Mind Body Green. "Ada beberapa faktor yang dapat membuat kita tua dan membuat kita terlihat lebih tua daripada saat itu! [Anda harus bertanya pada diri sendiri] apa lagi yang Anda lakukan dalam hidup Anda yang dapat menyebabkan beberapa penuaan itu untuk muncul? "

Ada beberapa alasan mengapa kulit Anda tiba-tiba terlihat kusam — dan mungkin di sinilah Anda harus memberikan perhatian

1. Meningkatnya stres.
Stres, terutama stres kronis, berpengaruh pada kulit Anda. Kita tahu itu bisa menyebabkan kusam dan flare-up kondisi kulit (seperti jerawat atau rosacea). Dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa stres yang berkepanjangan dan intens menyebabkan hilangnya air transepidermal yang signifikan pada kulit — yang akan menyebabkan kulit kering dan berkerut.

2. Tidur yang buruk.
Mendapatkan tidur yang berkualitas dan restoratif adalah salah satu langkah perawatan kulit terbaik yang dapat Anda lakukan. Seperti bagian tubuh lainnya, kulit Anda memperbaiki dirinya sendiri saat Anda tidur. Bahkan melewatkan istirahat yang cukup selama beberapa malam dapat menyebabkan mata cekung, kulit pucat, kehilangan kekencangan, dan garis-garis halus yang lebih menonjol.

3. Kurang gerak.
Menggerakkan tubuh baik untuk kulit: Meningkatkan sirkulasi, mengatur kadar kortisol, dan memiliki sejumlah manfaat lainnya. Berkenaan dengan sirkulasi: Dapat meningkatkan warna, tekstur, dan membantu Anda membuat sel kulit baru.

Ketika Anda melihat efek residu dari penyebab stres kulit yang mengubah penampilan Anda, "Sangat umum bagi orang untuk mulai memeriksa perawatan kulit mereka dan merasa mereka harus mengambil tindakan anti-penuaan yang ekstrem. Karena tindakan tersebut tersedia saat ini, mereka adalah menarik, "kata Wood. Belum lagi, tindakan tersebut seringkali menjanjikan hasil yang langsung.

Meski perawatan perlu, Anda juga perlu memperhatikan cara untuk mengurangi stres, gangguan tidur dan olahraga. Pengurangan stres bisa datang dalam berbagai bentuk. Anda dapat latihan napas, meditasi, atau menjangkau komunitas Anda. Anda juga harus melihat apa yang menyebabkan Anda stres kronis untuk memulai dan mencari cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ketegangan itu sebanyak mungkin.

Gangguan tidur dan jadwal tidur yang berantakan adalah keluhan umum berkat daya pikat teknologi modern (hai cahaya biru!) Dan tuntutan harian yang meningkat. Prioritaskan ulang rutinitas malam Anda: Berikut adalah praktik tidur terbaik kami.
Setelah setahun, pandemi telah mengubah cara kita bergerak. Pastikan tubuh Anda menjadi prioritas — bahkan berjalan-jalan di luar ruangan sudah cukup pada hari-hari ketika Anda merasa tidak sanggup melakukannya.

Biarkan ini berfungsi sebagai pengingat lembut bahwa kulit Anda tidak menua secara dramatis dalam semalam. Dan jika Anda merasa bahwa Anda tidak berpenampilan seperti yang seharusnya Anda lakukan — mungkin ada aspek lain yang harus Anda tangani untuk memastikan Anda memberikan diri Anda dan kulit Anda semua alat yang dibutuhkan untuk membuatnya paling bercahaya.

Baca juga: Kulit Gatal di Malam Hari, Penyebabnya dari Masalah Kulit hingga Stres


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT