Perbedaan Tumor dan Kanker, Apa Pula Itu Tumor Jinak?
TEMPO.CO | 10/04/2021 19:33
ilustrasi kanker (pixabay.com)
ilustrasi kanker (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagian dari kita mungkin belum bisa memahami perbedaan tumor dan kanker, karena kedua jenis penyakit ini kerap berkaitan. Tumor merupakan benjolan yang bisa tumbuh di banyak jaringan tubuh, jenisnya dibedakan menjadi dua: tumor jinak dan tumor ganas. Lalu bagaimana dengan kanker?

Dilansir stanfordhealthcare.org kanker merupakan nama lain dari tumor ganas, yakni saat sel tumbuh tidak normal pada jaringan tubuh manusia, sifatnya tidak terkendali dan mudah menyebar ke berbagai jaringan tubuh, seperti organ, otot dan tulang. Contoh dari kanker atau tumor ganas yaitu kanker karsinoma dan sarkoma. Karsinoma adalah kanker yang dimulai di sel-sel yang menyusun jaringan organ seperti hati atau ginjal. Sedang sarkoma adalah kanker yang terbentuk di jaringan ikat tubuh, seperti otot, tulang dan saraf.

Menurut American Cancer Society ada dua kategori kanker utama, yakni: kanker hematologi (darah), yaitu kanker sel darah termasuk leukemia, limfoma, dan mieloma multipel. Dan kanker tumor yang berbau busuk, umumnya kanker payudara, prostat, paru-paru, dan kolorektal.

Sedang tumor jinak atau tumor non kanker dijelaskan dalam Canadia Cancer Society yakni benjolan yang sifatnya berada di satu tempat dan tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain, biasanya tidak kembali setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor (diangkat total, tanpa sisa), cenderung memiliki bentuk yang teratur dan halus, memiliki penutup yang disebut kapsul.

Baca: Mengenali 3 Faktor Risiko Penyebab Tumor Otak

Untuk lebih memahami perbedaan kanker (tumor ganas) dengan tumor jinak healthline.com mengklasifikan beberapa perbedaannya, yakni:

Sifat Tumor Jinak:

  1. Tumor jinak tidak menyerang jaringan sekitarnya.
  2. Tidak bisa menyebar ke bagian tubuh lain.
  3. Biasanya tidak kembali lagi setelah dilakukan pengangkatan total.
  4. Biasanya memiliki bentuk yang halus dan teratur.
  5. Sering berpindah-pindah jika Anda mencoba menyentuh dan mendorongnya.
  6. Biasanya tidak mengancam jiwa.
  7. Mungkin atau mungkin tidak membutuhkan perawatan.

Sifat Tumor Ganas (Kanker):

  1. Mampu menyerang jaringan terdekat.
  2. Dapat melepaskan sel-sel yang berjalan melalui darah atau sistem limfatik ke bagian tubuh lain untuk membentuk tumor baru.
  3. Bisa kembali lagi setelah dilakukan pengangkatan.
  4. Mungkin memiliki bentuk yang tidak rata.
  5. Tidak bergerak saat Anda menyentuh dan mendorongnya.
  6. Bisa mengancam jiwa.
  7. Dan membutuhkan perawatan khusus.
    Perbedaan tumor dan kanker, menjadi makin jelas. Jika tumor ganas, sebutan itu mengacu kepada kanker. Namun, bila yang dimaksud tumor jinak maka jauh lebih mudah ditangani pengobatannya karena tidak menyerang jaringan sekitarnya.

DELFI ANA HARAHAP

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT