Ada di Indonesia, Wisatawan yang Mau ke Mal Ini Harus Naik Pesawat
TEMPO.CO | 20/02/2021 05:01
Ilustrasi suasana sebuah mall
Ilustrasi suasana sebuah mall

TEMPO.CO, Jakarta - Pergi ke pusat perbelanjaan atau mal adalah hal biasa bagi masyarakat perkotaan. Mal menjadi tempat jual beli, mencari hiburan, sampai sekadar penyegaran mata dengan melihat berbagai produk yang bagus di etalase toko.

Baca juga:
Apes Berkali Lipat Jika Tabrak Babi Betina di Papua, Ini Perhitungan Ganti Rugi

Di Indonesia, ada satu mal yang terbilang unik. Wisatawan yang mau ke tempat belanja modern itu harus naik pesawat. Itulah Mal Wamena di Jalan Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua. "Bangunan megah ini menjadi simbol modernitas di kawasan pegunungan Papua," kata Hari Suroto, peneliti Balai Arkeologi Papua kepada Tempo, Jumat 19 Februari 2021.

Bagi mereka yang berasal dari luar Kabupaten Jayawijaya, harus naik pesawat untuk sampai ke Mal Wamena. Musababnya, hingga kini pesawat terbang merupakan satu-satunya alat transportasi menuju Wamena dari Jayapura maupun Timika, Papua.

Mal Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Papua. Foto: Hari Suroto

Hari Suroto menjelaskan Mal Wamena menerapkan arsitektur honai, rumah adat suku Dani. "Sebagian ruangan mal masih kosong. Hanya teras, lantai dasar, dan lantai satu yang berfungsi," katanya. Pada bagian teras berjajar toko servis arloji serta lantai satu terisi penjual ponsel dan aksesorinya. Adapun lantai dasar berfungsi sebagai pasar modern yang menjual sayur mayur, bumbu dapur, dan buah.

Mal Wamena terletak di ketinggian 1650 meter dari permukaan laut. Selain main ke mal, wisatawan dapat berkunjung ke Lembah Baliem dan menikmati kehidupan tradisional Suku Dani. Di sana terdapat honai, mumi, tradisi bakar batu di saat tertentu, hingga gua berlukis alien.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT