Obat Diabetes Alami yang Perlu Anda Coba
TEMPO.CO | 15/02/2021 16:34
Ilustrasi kayumanis. shutterstock.com
Ilustrasi kayumanis. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Penderita diabetes harus rutin mengontrol kadar gula darah. Obat-obatan termasuk cara yang digunakan untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Anda juga bisa mencari alternatif bahan alami untuk mengontrol gula darah.

Asosiasi Diabetes Amerika sudah menyatakan tak ada bukti ilmiah manfaat dari obat herbal dan nonherbal bagi penderita diabetes. Gaya hidup sehat, termasuk pola makan kaya serat dan sayuran, dikombinasikan dengan rutin berolahraga dan mengelola stres, jauh lebih efektif untuk mengatasi diabetes.

Sebelum mencoba berbagai pengobatan alternatif atau suplemen, coba bicarakan dulu dengan dokter. Pasalnya, bisa saja suplemen tersebut berinteraksi negatif dengan obat-obatan yang dikonsumsi. Apalagi efek diabetes bisa merambat ke mata, liver, saraf, dan ginjal.

Bila tetap ingin mencari alternatif obat diabetes, coba beberapa bahan berikut, dilansir dari Very Well.

Baca juga: Jenis Obat Diabetes yang Memberikan Efek Menurunkan Berat Badan

Ginseng
Banyak jenis ginseng, tapi yang diklaim terbaik adalah ginseng Amerika (Panax quinquefolius), yang sudah terbukti bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan glukosa puasa dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh.

Magnesium
Mineral ini bisa ditemukan pada sayuran daun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian. Magnesium membantu menjaga kadar gula darah dan dibutuhkan bagi fungsi otot dan saraf yang normal, irama jantung, fungsi imun, tekanan darah, dan kesehatan tulang.

Kayu manis
Kayu manis terbukti mampu membantu menurunkan kadar glukosa dan lipid, termasuk trigliserida, kolesterol jahat (LDL), dan kolesterol total.

Lidah buaya
Meski lebih dikenal sebagai pengobatan kulit terbakar dan kondisi kulit lain, sebuah ulasan menyatakan gel lidah buaya bisa membantu orang dengan diabetes berkat kandungan aktif fitosterol pada tanaman tersebut yang bisa membantu kadar glukosa darah dan hemoglobin A1c.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT