Dokter Jelaskan Cara Pakai Masker Ganda untuk Cegah Penularan COVID-19
TEMPO.CO | 11/02/2021 17:28
Ilustrasi wanita memakaikan masker pada orang lain. Freepik.com/Prostoleh
Ilustrasi wanita memakaikan masker pada orang lain. Freepik.com/Prostoleh

TEMPO.CO, Jakarta - Pakar penyakit menular Anthony Fauci kerap menggunakan dua masker sekaligus untuk mencegah penularan COVID-19. Meskipun belum banyak data ilmiah yang menunjang, dia mengatakan bahwa dua lapis mungkin lebih efektif dibandingkan dengan satu lapis masker. 

Masuk akal mengapa masker ganda lebih baik daripada satu, kata dokter penyakit menular Stanford, Aruna Subramanian. "Semakin banyak lapisan yang Anda pakai, semakin baik perlindungan terhadap tetesan keluar yang dan tetesan masuk," kata dia, seperti dikutip Pop Sugar, Rabu, 10 Januari 2021. 

Namun, seperti halnya memilih masker, memakai masker ganda juga perlu hati-hati agar efektif memberi perlindungan optimal. Pastikan dua masker itu pas menutupi mulut dan hidung. 

Jika memungkinkan, kenakan masker bedah sebagai lapisan pertama, lalu tambahkan masker kain di atasnya, kata Subramanian. Masker kain akan membantu menahan masker di tempatnya.

“Seringkali ketika Anda hanya memakai satu lapisan, makser jatuh di bawah hidung,” kata dia.

Masker kain biasanya lebih mudah dikencangkan, jadi melapisinya di atas masker bedah akan membuatnya lebih aman. Jadi, bukan malah masker kain di dalam lalu masker bedah di luar. 

"Ini semua tentang menjaga posisi masker dan memiliki setidaknya dua lapisan di sana yang menangkap tetesan," kata Subramanian.

Masker tempo: Pakai 2 Masker untuk Cegah Covid-19, Ahli Jelaskan Waktu yang Tepat Memakainya

Selain menggunakan dua masker, kini banyak juga orang yang memilih masker N95. Masker ini sebenarnya hanya direkomendasikan untuk profesional medis, tetapi jika memilikinya, Subramanian merekomendasikan untuk mengenakannya di bawah masker bedah.

Selain memakai masker dengan benar, memilih masker kain dengan tiga lapis juga penting. Idenya sama, semakin banyak lapisan yang menghalangi, semakin banyak tetesan pernapasan yang jadi jalan utama penularan COVID-19 akan diblokir sebelum kena orang lain, atau sebaliknya. 

Mengapa memakai masker dua lapis penting? Menurut penelitian di Cell, setidaknya 90 persen partikel berukuran SARS-COV-2 diblokir oleh penyamaran ganda. Selain itu, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa hanya satu masker kain yang pas dapat mencegah partikel pernapasan dalam bersin atau batuk bergerak lebih dari 2,5 inci atau sekitar 6 sentimeter dari wajah. Sementara jika tidak ditutup bisa menyebar hingga 8 kaki atau sekitar 2,4 meter. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT