Trik agar Pikiran Tetap Fokus saat Stres
TEMPO.CO | 07/02/2021 11:40
Ilustrasi bekerja di era digital. Foto: Freepik
Ilustrasi bekerja di era digital. Foto: Freepik

TEMPO.CO, Jakarta - Anda diajak bicara tentang sesuatu tapi pikiran malah berkelana ke banyak tempat. Anda menulis catatan dan pada saat yang sama menjawab email dan telepon. Anda buru-buru menyelesaikan tugas sambil menyelesaikan sarapan. Dengan kehidupan yang serbasibuk ini, tidak mungkin untuk tidak memiliki pikiran yang tersebar.

Hal ini selain secara negatif mempengaruhi produktivitas dan kualitas kerja juga mempengaruhi kesehatan fisik dan psikologis, memicu stres dan mencegah Anda memanfaatkan setiap momen dengan sebaik-baiknya. Bagaimana agar bisa kembali fokus? Berikut beberapa teknik sederhana yang akan membuat perbedaan besar pada kemampuan untuk berkonsentrasi, seperti dilansir Entrepreneur.

Lakukan tugas satu per satu
Melakukan beberapa hal pada waktu yang bersamaan tidak membuat Anda menjadi lebih efisien dan produktif. Sebaliknya, hal itu mencerai-beraikan pikiran, membuat stres, dan menghalangi untuk melakukan yang terbaik dalam setiap tugas. Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan hari itu, mulai dari yang paling sulit dan akhiri dengan yang paling sederhana. Pastikan untuk tidak pindah ke tugas lain sampai Anda menyelesaikan yang sebelumnya.

Jauhi stimulus yang berlebihan
Sering kali, terutama jika bekerja di lingkungan yang bising, seperti agensi periklanan atau media digital, mengisolasi diri dari lingkungan dapat sangat membantu. Ketika perlu fokus, letakkan ponsel, kenakan headphone dan dengarkan musik yang menenangkan. Selain itu, hindari TV di dekat Anda. Semakin sedikit rangsangan sensorik di sekitar, semakin baik.

Baca juga: 7 Kiat Mudah Singkirkan Pikiran Negatif

Istirahat
Anda sangat sibuk, tetapi sering-sering istirahat bukanlah alasan untuk berhenti bekerja. Sebaliknya, ini adalah cara untuk memastikan konsentrasi dan aliran kreativitas tetap lancar. Setiap jam, bangun dari tempat Anda, lakukan peregangan, jalan-jalan, minum kopi, mengobrol. Anda akan dapat melanjutkan tugas dengan energi yang lebih besar.

Meditasi
Sebagai hasil dari kesibukan, pikiran terpencar ke seribu satu arah. Dengan bermeditasi kita belajar untuk mengontrol aliran energi dalam tubuh dan kita dapat memfokuskannya untuk mencapai tujuan. Temukan tempat yang tenang dan duduk bersila. Tutup mata dan rilekskan napas.

Lakukan hal terpenting di awal
Meninggalkan tugas yang paling penting di akhir adalah kebiasaan yang buruk. Pada akhirnya Anda lelah, merasa kurang kreatif, dan tidak punya cukup energi. Cobalah memulai hari kerja dengan melakukan pekerjaan kreatif atau menyelesaikan tugas yang membutuhkan pikiran dan konsentrasi tinggi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT