Musim Hujan, Barang Basah Tak Kunjung Kering. Coba Trik Berikut
TEMPO.CO | 03/02/2021 20:33
Ilustrasi hujan (pixabay.com)
Ilustrasi hujan (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Hujan turun nyaris tanpa henti setiap hari di banyak daerah karena tengah puncak musim hujan. Orang pun dibuat pusing oleh hal-hal sederhana yang sebenarnya mudah diatasi, seperti diganggu lalat, lemari yang lembab, atau ponsel yang terkena air hujan. Tak usah panik, cari cara mudah untuk mengatasinya.

Bila kita mengalami hal-hal seperti di atas, ikuti saja trik yang diberikan oleh India Times berikut ini. Dijamin segalanya bakal beres dan aktivitas pun bisa kembali lancar.

Ponsel basah
Bila ponsel basah akibat kehujanan atau terkena air, kemudian mati karena ada air yang meresap ke dalam, segera bersihkan dengan kain kering kemudian taruh di dalam semangkuk beras. Beras akan menyerap air dari ponsel dan alat komunikasi ini pun bisa berfungsi lagi.

Cegah sakit
Tak perlu meminum obat-obatan atau suplemen berbahan kimia untuk menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakir ringan seperti flu. Cukup minum secangkir air jeruk nipis hangat dengan tambahan madu dan jahe dan sistem kekebalan tubuh pun akan membaik.

Halau lalat
Gangguan lalat sering sangat menjengkelkan. Untuk mengusir serangga ini, belah lemon menjadi dua bagian, taruh di jendela dan pintu. Cengkeh juga bisa digunakan untuk menghalau lalat.

Cegah lemari lembab
Lemari sering menjadi lembab, apalagi bila ada atap yang bocor dan airnya sampai membasahi lemari. Taruh beberapa butir cengkeh dan kapur barus, dijamin lemari akan kering lagi.

Jaga perabot tetap kering
Perabot dari kayu adalah santapan rayap, terutama bila kondisinya lembab. Untuk mengusir serangga, poles perabot dengan minyak rambut tanpa aroma untuk mencegah perabot lembab dan diserbu rayap.

Baca juga: Kegiatan Saat Musim Hujan yang Menenangkan dan Menyenangkan

Keringkan sepatu
Sepatu yang basah akan menyebabkan bau tak sedap dan jamur. Untuk mengurangi dampak air hujan pada sepatu, gosokkan lilin sebelum keluar rumah atau selalu siapkan tisu kering untuk mengelapnya.

Keringkan pakaian
Menunggu pakaian kering sungguh menguji kesabaran di musim hujan. Bila pakaian tak juga kering, taruh di depan kipas angin yang menyala dengan kecepatan tinggi.

Keringkan rambut
Rambut basah akibat kehujanan? Tak usah khawatir, bubuhkan krim tangan untuk mengeringkannya.

Keringkan wajah
Musim hujan, menggunakan kertas minyak adalah pilihan yang lebih baik untuk mengeringkan wajah yang basah akibat air hujan karena tak akan banyak menghapus riasan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT