Kiat Mengatasi Salah Komunikasi di Tempat Kerja
TEMPO.CO | 02/02/2021 08:17
Ilustrasi rekan kerja menyebalkan. Shutterstock
Ilustrasi rekan kerja menyebalkan. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Perselisihan antarkaryawan sering disebabkan oleh kesalahan komunikasi. Kesalahan dalam berkomunikasi tersebut bisa berpotensi menyebabkan gangguan serius di tempat kerja.

Mengutip dari Times of India, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani bentrokan kepribadian di kantor. Berikut di antaranya.

Berbicara dengan atasan
Setelah perselisihan, Anda biasa mendekati rekan kerja yang lain untuk membentuk kelompok melawan orang yang diyakini sebagai masalahnya. Namun itu cara yang salah dan akan semakin jauh dari solusi.

Cobalah bicarakan dengan atasan tentang keseluruhan masalah sehingga mereka dapat membantu mendapatkan perspektif netral tentang hal yang sama. Atasan juga dapat turun tangan untuk membantu menyelesaikan masalah jika diperlukan.

Baca juga: Punya Rekan Kerja yang Beracun, Hadapi dengan Cara Berikut

Gunakan komunikasi yang baik untuk menyelesaikan berbagai hal
Jika kemarahan mulai lepas dari diri Anda, cobalah untuk tidak merespons apapun. Coba beri diri waktu untuk berpikir dan merespons saat suasana hati telah tenang.

Lakukan mediasi
Terkadang, situasi menjadi tidak terkendali, bahkan setelah Anda melakukan upaya terbaik saat menjalin komunikasi dengan rekan kerja. Ketika keadaan menjadi tidak terkendali, inilah saatnya melakukan mediasi.

Mediasi adalah diskusi terstruktur antara dua pihak yang berselisih, diawasi oleh mediator yang netral. Anda, bersama orang lain dapat menyuarakan keprihatinan Anda, sementara pihak netral di ruangan itu memastikan dialog tetap tenang dan produktif.

Fokus pada hal positif
Meskipun ada pertengkaran, Anda harus fokus pada kualitas positif orang lain. Bentrokan terjadi karena Anda dan rekan kerja, jadi kemungkinan besar Anda juga berkontribusi menimbulkan masalah. Jadilah orang yang berbesar hati dan ingin menyelesaikan masalah.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT