8 Panduan Menurunkan Berat Badan untuk Semua Usia
TEMPO.CO | 27/01/2021 14:39
Ilustrasi menimbang berat badan. Shutterstock
Ilustrasi menimbang berat badan. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Baik Anda berusia 20-an atau 60-an, menurunkan berat badan membutuhkan rasa dedikasi dan fokus. Tidak hanya menuntut disiplin dan tekad, tetapi juga disertai banyak tantangan. Dengan mengikuti diet ketat dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda mengurangi lemak tubuh dan juga membantu Anda menurunkan berat badan.

Berikut adalah beberapa tip penurunan berat badan yang sangat bermanfaat bagi semua orang.

1. Pentingnya tidur yang cukup

Kurang tidur seringkali dapat menyebabkan obesitas dan penambahan berat badan. Banyak penelitian telah mengklaim adanya hubungan antara pembatasan tidur dan perubahan negatif dalam metabolisme, yang seringkali dapat menyebabkan penambahan berat badan. Peneliti di University of Chicago juga menemukan bahwa kurang tidur bisa membatasi kemampuan tubuh untuk mengurangi lemak berlebih. Karena itu, penting bagi Anda untuk cukup tidur, jika Anda ingin menurunkan berat badan.

2. Bangun lebih awal

Bangun pagiĀ  menurut peneliti di Northwestern University bisa dikaitkan dengan penurunan BMI dan peningkatan berat badan. Meskipun demikian, bangun pagi memberi Anda dorongan untuk memulai hari dengan energi yang tepat dan membuat rencana secara efisien.

3. Siapkan makanan Anda di rumah

Memasak di rumah tidak hanya menyehatkan tetapi juga membantu Anda menjauhi semua karbohidrat, kalori, dan lemak tidak sehat yang tidak perlu itu. Jika Anda seseorang yang ingin menurunkan berat badan, Anda harus mulai menyiapkan makanan di rumah.

4. Beralih ke makanan kaya omega-3

Makanan kaya omega-3 seperti ikan berlemak seperti salmon dan makanan laut lainnya dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan Anda. Penelitian juga menyatakan bahwa makanan yang kaya omega-3 dapat membantu mengurangi lemak perut dan juga meningkatkan laju metabolisme.

5. Minum banyak air

Air adalah salah satu sumber energi utama dalam tubuh kita. Dari meningkatkan pencernaan hingga menghilangkan limbah dari tubuh, minum banyak air dapat membantu membangun kekebalan Anda. Meskipun demikian, tetap terhidrasi dapat membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, membuat Anda tetap sehat dan terhindar dari karbohidrat dan lemak yang tidak sehat.

6. Mengurangi tingkat stres

Stres bisa menjadi salah satu alasan utama penurunan berat badan. Stres yang tidak terkelola dengan baik dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh, yang pada gilirannya merangsang nafsu makan dan mengakibatkan penambahan berat badan. Meskipun demikian, penting bagi Anda untuk membiarkan pikiran Anda beristirahat dan terlibat dalam hal-hal yang membuat Anda merasa bahagia.

7. Lakukan olahraga teratur

Sementara generasi muda telah beralih ke aktivitas dalam ruangan dan sibuk dengan ponsel dan media sosial mereka, para lansia tidak memiliki vitalitas untuk melakukan latihan rutin. Meskipun demikian, jika Anda ingin menurunkan berat badan dan menjalani hidup sehat, Anda harus mulai berlatih untuk hal yang sama. Bergantung pada usia Anda dan apa yang paling cocok untuk Anda, lakukan olahraga teratur dan rasakan perubahannya dalam beberapa hari.

Baca juga: Cerita Billie Eilish Sempat Minum Pil Diet untuk Menurunkan Berat Badan

8. Tingkatkan asupan buah Anda

Alih-alih mengisi tubuh Anda dengan makanan berbahaya dan camilan tidak sehat, beralihlah ke makanan segar dan nikmat yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat untuk menurunkan berat badan. Buah-buahan dapat membantu mengisi kembali tubuh Anda dan juga mencegah keinginan Anda untuk makan lebih banyak.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT