Aneka Olahraga Rekreatif yang Menyenangkan, dari yang Menantang sampai Santai
TEMPO.CO | 22/01/2021 15:50
Wisatawan menunggangi kuda di pinggir pantai di Pulau Bintan di Kepulauan Riau. Untuk berkunjung ke Pulau Bintan wisatawan bisa mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, atau ke Bandara Tanjungpinang, dan kemudian bisa melanjut ke kawasan Lagoi
Wisatawan menunggangi kuda di pinggir pantai di Pulau Bintan di Kepulauan Riau. Untuk berkunjung ke Pulau Bintan wisatawan bisa mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, atau ke Bandara Tanjungpinang, dan kemudian bisa melanjut ke kawasan Lagoi BIntan dengan menggunakan kapal cepat atau speedboat. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Olahraga sekaligus rekreasi, kenapa tidak? Dua kegiatan ini bila digabungkan akan memberikan sensasi tambahan yang menyenangkan dan menantang. Apalagi, semakin banyak orang yang tertarik mencoba olahraga rekreatif.

Olahraga rekreatif juga sering ditawarkan sebagai wisata. Peminatnya pun semakin banyak. Ke mana pun kita berwisata, olahraga rekreasional bisa ditambahkan ke dalam agenda perjalanan. Berikut 10 aktivitas seru yang bisa dicoba, dilansir dari infocuriosity.com.

1. Hiking
Hiking adalah rekreasi yang menyehatkan, baik di gunung maupun pantai. Apalagi bila bermalam dengan cara berkemah yang membuat semakin dekat dengan alam.

2. Memancing
Memancing juga digemari banyak orang untuk melepas penat dan stres. Ikan memang mudah dibeli di pasar, tapi mendapatkannya langsung lewat memancing, sensasinya pasti berbeda. Buat yang ingin tantangan lebih bisa memilih berburu, tapi perhatikan lokasi mana saja yang mengizinkan perburuan dan hewan apa saja yang boleh diburu.

3. Kano dan kayak
Olahraga air ini memang menyenangkan, bisa dilakukan di sungai, danau, atau laut. Anda tinggal memilih peralatan apa yang ingin digunakan, kano, kayak, atau rakit dan selamat mendayung menikmati riak gelombang.

4. Olahraga dirgantara
Meskipun terbilang mahal, jenis olahraga ini boleh dicoba. Ada paragliding, air suit jumping, atau terjun payung. Tapi ingat, jenis olahraga ini berbahaya dan menuntut keberanian besar.

Baca juga: Tips Olahraga tanpa Celana Dalam agar Organ Intim Tetap Sehat

5. Bersepeda
Inilah olahraga yang tengah tren di masa pandemi Covid-19 dan bisa dilakukan hampir semua orang tanpa perlu lokasi khusus dan biaya mahal. Tapi bila ingin sesuatu yang berbeda, Anda bisa melakukannya di gunung atau bukit.

6. Panjat tebing
Ini juga salah satu aktivitas rekreasional yang banyak diminati, namun tak bisa dilakukan sembarangan. Anda butuh pelatihan khusus. Standarnya pun berbeda antara pemula dan yang sudah berpengalaman. Meskipun sangat melelahkan, panjat tebing sungguh memacu adrenalin dan memberikan sensasi tersendiri.

7. Menunggang kuda
Bepergian dengan kuda itu biasa di masa lalu. Namun di zaman modern, tak semua orang pernah punya kesempatan menunggang kuda seiring dengan semakin berkembangnya kendaraan bermotor. Kini, menunggang kuda menjadi salah satu kegiatan rekreasi. Buat yang belum berpengalaman atau baru mencoba, jangan lupa didampingi oleh pelatih atau penjaga.

8. Ski es
Main ski atau berseluncur di atas hamparan salju juga menjadi olahraga rekreasi pilihan banyak orang. Bahkan, warga negeri tropis pun sampai rela mengeluarkan banyak uang untuk mencobanya di negara empat musim. Tapi ingat, kegiatan ini pun butuh pelatihan khusus dan berisiko cedera.

9. Menanam pohon
Kegiatan ini juga bisa menjadi rekreasi dan banyak tempat wisata yang memberi kesempatan pada pengunjung untuk mencoba bertani atau menanam pohon di perkebunan, menyenangkan sekaligus menambah ilmu.

10. Menyelam
Menyelam juga menjadi olahraga sekaligus rekreasi pilihan banyak orang, dan tentu saja butuh peralatan dan pelatihan khusus. Buat yang belum pernah belajar menyelam, Anda bisa melakukan snorkling hanya di permukaan laut.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT