Kegiatan Saat Musim Hujan yang Menenangkan dan Menyenangkan
TEMPO.CO | 20/01/2021 10:51
Ilustrasi hujan. Physicsworld.com
Ilustrasi hujan. Physicsworld.com

TEMPO.CO, Jakarta - Saat ini sudah masuk musim hujan. Udaranya adem, sinar matahari redup bahkan kerap mendung sepanjang hari. Ada berbagai kegiatan saat musim hujan yang menenangkan dan menyenangkan.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, kita harus menjaga kondisi tubuh tetap bugar serta jiwa yang tenang dan senang. Ketenangan dan rasa senang akan menunjang kesehatan secara paripurna.

Jadi, apa saja kegiatan saat musim hujan yang bisa bikin hati tenang dan senang? Mari kita simak uraian berikut:

  1. Meditasi
    Meditasi merupakan salah satu metode menenangkan diri. Ambil posisi paling nyaman dan pusatkan konsentrasi ke diri sendiri. Setel alunan nada yang lembut atau jika sedang hujan, biarkan irama hujan menemani meditasimu. Meditasi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya mengatas kecemasan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, sampai meredakan nyeri.

  2. Baca buku
    Paling asyik membaca buku favorit di dekat jendela dengan suara rintik hujan sebagai latar. Suasana ini akan membuatmu lebih tenang dan menjadi cara menikmati waktu yang sempurna. Ditemani dengan kopi panas atau cokelat panas, pasti tambah sedap.

  3. Nonton film
    Keluarkan daftar film yang ingin kamu tonton. Bereskan sofa atau tempat tidur sebagai tempat menonton film yang nyaman. Tambahkan camilan supaya kami betah berlama-lama menonton film. Asyik bukan kepalang.

  4. Mendengarkan lagu dan bernyanyi
    Mendengarkan lagu kesukaanmu dan ikut menyanyikannya juga bisa menjadi kegiatan saat musim hujan. Rasanya senang dan mungkin sekaligus menunjukkan bakatmu yang terpendam. Yang penting, jangan sampai memutar lagu dan menyanyi terlalu keras hingga membuat orang lain terganggu.

  5. Masak
    Lawan hawa dingin di luar dengan 'memanaskan' suasana dapur. Coba buat masakan yang ingin kamu kreasikan dan nikmati setiap proses sampai hasilnya. Siapa tahu masakanmu bisa membuka peluang bisnis baru.

  6. Bekerja
    Ada orang yang lebih nyaman bekerja dengan latar suara hujan. Jika pekerjaanmu masih menumpuk, coba rampungkan sembari menikmati rinai hujan. Meski mungkin tenggatnya masih lama, tak ada salahnya menyelesaikan tugas mumpung suasananya mendukung.

  7. Belajar
    Lebih enak mana, belajar dalam cuaca panas dibanding belajar dalam suasana adem saat musim hujan. Belajar di sini tak selalu mendalami materi pelajaran sekolah atau kuliah, namun belajar keterampilan lain untuk mengembangkan potensi diri.

    Baca juga: 
    BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Puncak Musim Hujan Januari-Februari

  8. Makan
    Nah, ini kegiatan saat musim hujan yang paling asyik. Semua orang suka makan sesuai dengan selera masing-masing. Apalagi jika makanan yang kamu santap masih hangat dan lezat.

  9. Membereskan rumah
    Melihat teras rumah basah karena percikan air hujan, jangan tinggal diam dan menunggu peristiwa orang terpeleset di situ. Membereskan rumah tipis-tipis saja bisa membuat suasana lebih nyaman. Menyapu, mengepel, mencuci piring, membereskan kamar, semua aktivitas ini bermanfaat dan kamu juga menikmatinya.

  10. Tidur
    Menebus utang tidur bisa masuk dalam kegiatan saat musim hujan. Suasana adem, tubuh berbalut selimut tebal, bantal guling empuk, temaram di dalam kamar, dan aroma terapi yang menenangkan akan mengantarkanmu sampai terlelap. Jangan lupa tutup telingamu supaya tidak kaget dan terbangun saat ada geledek.

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT