Gelisah Jelang Pernikahan? Cobalah 5 Cara Ini Mengatasinya
TEMPO.CO | 18/01/2021 22:00
Ilustrasi mahkota pengantin. Charles S. McIntosh
Ilustrasi mahkota pengantin. Charles S. McIntosh

TEMPO.CO, Jakarta - Sebulan sebelum pernikahan, Anda akan gila merencanakan segalanya dan memastikan Anda telah menandai semuanya dari daftar, baik itu pakaian, tempat atau dekorasi. Anda memiliki waktu yang nihil untuk mengambil jeda dan benar-benar memikirkan bagaimana perasaan Anda tentang mengambil langkah besar tersebut.

Dengan hanya 10 hari tersisa untuk pernikahan Anda, perasaan gugup mulai terasa. Anda merasakan simpul ini di perut dan merasa cemas sekaligus gembira dan bersemangat. Hampir setiap pengantin wanita merasakan perubahan emosi seperti rollercoaster sebelum hari besarnya. Melansir laman Pinkvilla, berikut 5 cara untuk mengatasi kegelisahan dan kecemasan sebelum pernikahan.

5 cara mengatasi kegelisahan menjelang pernikahan

1. Menerimanya

Langkah pertama untuk mengatasi kecemasan adalah tidak mengabaikannya atau mencoba menekannya dan menerima apa yang Anda rasakan. Terimalah kenyataan bahwa Anda merasa gugup dan bingung dan cobalah mencari alasan di baliknya.

2. Bertanya pada diri sendiri

Ajukan pertanyaan kepada diri Anda sendiri seperti 'Mengapa saya merasa seperti ini?', 'Apakah menurut saya saya melakukan kesalahan?' "Apakah itu hanya kegugupan atau hal lain?". Nilai jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini dan kemudian buatlah keputusan.

3. Jadilah optimis

Sangat umum merasa takut saat menikah karena Anda akan pergi ke rumah baru dan akan jauh dari zona nyaman Anda. Ingatkan diri Anda betapa beruntungnya Anda menikah dengan cinta dalam hidup Anda dan memiliki pandangan yang positif.

4. Mengatasinya

Terkadang, itu bisa lebih dari sekadar kegelisahan pranikah. Jika Anda pada titik tertentu merasa tidak puas dengan keputusan Anda untuk menikah dan memiliki keraguan, maka atasi keraguan tersebut dan jelaskanlah.

Baca juga: Vanessa Angel Rayakan Setahun Pernikahan, Susah Senang Bareng Lagi

5. Bersantai

Katakan pada diri sendiri bahwa wajar untuk merasa seperti gugup sebelum pernikahan dan ini hanya perasaan yang pada akhirnya akan hilang. Manjakan diri Anda jika diperlukan dan bicarakan dengan sahabat dan orang tua Anda untuk merasa lebih ringan dan santai.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT